Waduh! 18 Cincin Nyangkut Bikin Jari Rasid Bengkak, Kini Sudah Dilepas

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 13:58 WIB
Proses Pelepasan 18 Cincin di Jari Kake Rasid
Proses pelepasan 18 cincin di jari Kakek Rasid (Foto: dok. Damkar Jakarta Pusat)
Jakarta -

Jari Kakek Rasid (60) mengalami pembengkakan karena tersangkutnya 18 cincin di tiga jarinya. Cincin itu kini sudah dilepas atas bantuan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Jakarta Pusat.

Bagaimana ceritanya?

Awalnya, Rasid diantar saudaranya ke Sudin DPKP Jakpus meminta pertolongan melepaskan cincin yang tersangkut di tiga jarinya. Tim pun memeriksa kondisi Rasid.

"Korban atas nama Bapak Rasid, diantar oleh saudaranya datang ke Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat untuk meminta pertolongan melepaskan cincin yang ada di jari Bapak Rasid. Kemudian Tim Penyelamat memeriksa kondisi korban dan didapati cincin di tiga jari sebelah kiri korban dengan kondisi jari sudah membengkak dan ada beberapa cincin yang sudah masuk ke dalam daging jari korban," ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal dalam keterangannya, Sabtu (7/11/2020).

Proses pencopotan cincin pun dilakukan. Petugas juga meminta bantuan untuk menyuntikkan bius lokal di jari Rasid.

"Setelah itu Tim Penyelamat mulai melepaskan cincin dengan menggunakan benang jahit, dilanjutkan dengan menggunakan gerinda mini untuk memotong beberapa cincin yang tidak bisa dilepas dengan menggunakan benang. Tim juga meminta bantuan dari AGD untuk menyuntikkan penghilang rasa/obat bius di jari korban dan berkoordinasi dengan penyelamat dinas untuk membantu melepaskan cincin tersebut," ujar Asril.

Proses pelepasan cincin tersebut memakan waktu hampir 1 jam. Pada akhirnya ke-18 cincin terlepas dari jari korban.

"Akhirnya cincin 18 buah yang ada di jari korban berhasil dilepas dan korban dalam keadaan selamat," sebut Asril.

Kasus tersangkutnya cincin di jari bukan kali ini saja terjadi. Bagaimana cara melepaskan cincin yang tersangkut?

Selanjutnya
Halaman
1 2