Tawuran-Serang Polisi, 14 Pria di Barukang Makassar Ditangkap

Reinhard Soplantila - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 06:34 WIB
pemuda melempar Batu pada musuhnya
Ilustrasi tawuran (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Makassar -

Aparat Polres Pelabuhan Makassar menangkap empat belas orang pemuda yang diduga terlibat dalam aksi tawuran antar warga di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Para pelaku mengaku terlibat dalam aksi bentrok dan melakukan penyerangan terhadap polisi.

"Kami dapat informasi masyarakat dan permintaan perkuatan dari Polsek Ujung Tanah setelah mereka (pelaku) berkumpul main (tawuran) kita lakukan pembubaran. Setelah dibubarkan kita lakukan tindakan kepolisian melakukan penyisiran ke dalam, setelah kita temukan ada kurang lebih 14 orang kita amankan yang semua rata-rata pelaku yang mengaku ikut perang kelompok dan menyerang polisi," ujar Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Asfada, pada Sabtu (7/11/2020).

Peristiwa tawuran itu terjadi di tengah Jalan Barukang Raya, Makassar, Sulsel pada Sabtu (7/11) dinihari. Tindakan tegas terpaksa diambil polisi, lantaran para pelaku terus tawuran hingga beberapa hari terakhir.

Polisi sempat dibuat kesulitan oleh warga yang berusaha menghalang-halangi petugas untuk membawa pelaku yang ditangkap di kawasan Jalan Barukang Dua. Padahal, para pelaku yang ditangkap itu kebanyakan bukanlah warga yang tinggal di daerah tersebut.

"Ada kendala juga karena saat kita menyisir dan hendak membawa keluar ada beberapa warga yang menghalangi anggota, itu yang kita sayangkan yang seharusnya setelah ada pertemuan kemarin meminta tindakan tegas dari kepolisian tokoh masyarakat harusnya sudah sampaikan akan dilakukan tindakan tegas. Faktanya di lapangan saat kami datang di dalam masih banyak sebagian warga itu tidak berkenan orang itu dibawa, padahal rata-rata mereka bukan orang dari dalam, orang dari luar semua hanya dua orang dari dalam," jelas Asfada.

Lanjut Asfada, selain menangkap terduga pelaku, anggota juga turut menyita sejumlah barang bukti yang digunakan saat tawuran. "Batang bukti ada ratusan anak panah kita amankan, ada senjata tajam berupa pisau kecil, ada petasan yang dipakai," tutur dia.

Polisi turut interogasi para pelaku. Simak di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2