Polda NTB Umumkan 6 Desa Calon Juara Lomba Kampung Sehat

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 22:08 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal resmi buka lomba Kampung Sehat
Foto: dok. istimewa

Diketahui, Polda NTB menggandeng Pemprov NTB dan Korem 162/Wira Bhakti mengadakan lomba dengan tujuan membuat gerakan lawan Corona (COVID-19) yang masif di tingkat desa. Lomba itu bertema 'Kampung Sehat: Nurut Tatanan Baru (NTB)'.

"Kami sengaja mendesain program ini dalam bentuk lomba. Karena, lomba adalah metode terbaik untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam upaya-upaya melawan COVID-19. Kami sadar bahwa program intervensi terhadap COVID-19 sebaik apa pun, tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat," kata Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Iqbal mengatakan setiap daerah di NTB memiliki kultur serta karakter masing-masing. Sehingga tiap desa memiliki cara masing-masing dalam mencegah terjadinya penularan Corona di lingkungan mereka.

"Tiap daerah punya kulturnya masing-masing. Sehingga, juga tak mungkin untuk mendesain satu mitigasi yang kemudian diterapkan secara kaku di masing-masing daerah. Partisipasi masyarakat dan kultur daerah yang berbeda-beda itulah kata kuncinya. Sehingga lahirlah Lomba Kampung Sehat: Nurut Tatanan Baru," ujar Iqbal.


(aud/fjp)