Polda NTB Umumkan 6 Desa Calon Juara Lomba Kampung Sehat

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 22:08 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal resmi buka lomba Kampung Sehat
Foto: dok. istimewa
Mataram -

Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB), yang diselenggarakan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) mendekati babak akhir. Sebanyak 6 desa akan bersaing di babak final.

"Tim penilai tingkat Provinsi sudah terjun ke 10 kabupaten/kota di wilayah NTB. Dengan selesainya tugas tim penilai tingkat provinsi di seluruh kabupaten/kota, telah mendapatkan 6 nominator terbaik Lomba Kampung Sehat," kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto dalam siaran pers pada Jumat (6/11/2020).

Keenam desa yang lolos ke babak final adalah Desa Kembang Kuning (Lombok Timur), Desa Perenek (Sumbawa), Desa Mura (Sumbawa Barat), Kelurahan Dasan Cermen (Mataram), Desa Genggelang (Lombok Barat) dan Desa Pesanggrahan (Lombok Timur).

"Penilaian tentunya dari segi prestasi desa itu, apa yang diupayakan desa itu selama pandemi COVID-19, kekompakan warganya, inovasinya. Seperti misalnya Desa Mura yaitu melaksanakan program dengan penguatan Dasawisma, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, membuat taman-taman desa sebagai tempat bermain warga Desa Mura agar tidak bermain keluar untuk mencegah COVID-19 dan sebagai tempat berjualan UMKM yang ada," ujar Kombes Artanto.

Artanto menuturkan untuk mengapreasiasi semua pihak yang memeriahkan lomba ini, panitia akan memilih bupati, kapolres, dandim, kadis, camat, kapolsek, danramil, kades/lurah, bhabinkamtibmas dan babinsa terbaik dari 10 kabupaten/kota.

"Panitia juga akab menilai tempat ibadah, pasar dan tempat wisata terbaik," ucap Artanto.

Artanto menyampaikan Lomba Kampung Sehat NTB akan berakhir pada Senin (9/11/2020) besok. Panitia akan mengumumkan tiga pemenang yakni juara 1, 2 dan 3 di Hotel Killa Senggigi Beach.