Napi Lapas Pekanbaru Positif Corona Jadi 357, Ini Langkah Kumham Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 15:13 WIB
Pekanbaru -

Sebanyak 357 narapidana di Lapas Kelas II-A Pekanbaru dinyatakan terkonfirmasi positif Corona dengan status orang tanpa gejala (OTG). Jumlah ini melonjak setelah ada 150 orang yang kembali dinyatakan positif Corona.

Bila jumlahnya terus bertambah, apa langkah pihak Kanwil Kemenkumham Riau?

"Terkait penanganan COVID-19 di Lapas Pekanbaru, kamar huniannya telah dipisahkan dengan narapidana lain. Dan letaknya (antara terkonfirmasi dan napi non-COVID-19) sangat jauh sekali. Di Lapas Pekanbaru penempatannya (napi terpapar) di Blok G ada kamarnya, ada 24 kamar dua lantai dengan kapasitas sebanyak 300 orang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, kepada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Ibnu mengatakan para napi yang terpapar Corona sejak 2 Oktober 2020 akan dimonitor selama 14 hari ke depan. Bila setelah 14 hari tak ditemukan gejala, mereka akan dipindahkan ke blok hunian napi yang sehat.

Simulasi itu diklaim sangat efektif dari pengalaman sebelum adanya penyebaran virus Corona di Lapas Perempuan Pekanbaru. Dia mengatakan metode pemisahan napi positif COVID-19 dengan napi sehat dinilainya berhasil.

"Alhamdulillah pengalaman ini telah kami dapatkan dalam penanganan COVID-19 di Lapas Perempuan Pekanbaru. Saat itu yang terkonfirmasi positif sebanyak 85 orang, pada hari ini setelah dilakukan pemisahan hunian, perawatan, kemudian penerapan protokol kesehatan, kini tinggal 10 orang (terkonfirmasi). Mengapa 10 orang? Karena masa isolasinya belum selesai," kata Ibnu.

Selanjutnya
Halaman
1 2