Ormas Mau Demo Boikot Prancis Hari Ini, Gubsu: Silakan, Asal Tak Merusak

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 12:34 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) bakal menggelar demonstrasi memboikot Prancis di Medan, Sumatera Utara, hari ini. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mempersilakan siapapun menggelar demonstrasi asal tak merusak.

"Silakan menunjukkan orasinya, agar orang lain mengerti mungkin dengan ajaran-ajaran orang itu. Tapi yang tidak boleh merusak. Mau apa bentuknya, mungkin sampai ke tingkat mengusir diplomatik, silakan itu hak negara. Tapi yang penting sama saya, saya menjaga ketertiban ini," ucap Edy di Medan, Jumat (6/11/2020).

Edy mengatakan dirinya juga marah ketika Nabi Muhammad SAW dihina. Menurutnya, Nabi Muhammad punya posisi sakral dalam agama Islam.

"Secara pribadi, ya kita emosional, emosi, karena dilecehkan. Itu tuntunan," ucap Edy.

Dia menilai harusnya tak ada orang yang menyinggung agama orang lain. Edy mengatakan hal itu sebagai bentuk dari toleransi.

"Kita sesama apapun, itulah toleran, tidak usah singgung-singgung agama orang," ujarnya.

Sebelumnya, sekelompok warga yang menamakan diri sebagai Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera) Sumatera Utara (Sumut) bakal menggelar demo memprotes pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait Islam. Demo ini akan digelar tiap Jumat mulai pekan depan.

"Aksi sebenarnya adalah Jumat depan," kata Koordinator Umum Ampera Sumut, Indra Suheri, di Masjid Al Jihad, Medan, Jumat (30/10).

Selanjutnya
Halaman
1 2