Round-Up

Kemunculan Kembali Buaya Berkalung Ban Setelah Lama Hilang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 04:47 WIB
Buaya berkalung ban di Palu Sulteng
Foto: Buaya berkalung ban (Dok. Istimewa)
Palu -

Buaya berkalung ban tiba-tiba kembali muncul setelah lama menghilang. Sang reptil muncul di titik yang diduga sarangnya di Sungai Palu, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Buaya tersebut menampakkan diri pada Rabu (4/11). Pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulteng menyatakan buaya tersebut memang masih hidup.

"Mungkin itu betul, buaya ada terus di Sungai Palu dan muara. Lebih sering berada di atas jembatan 2," kata Kasatgas Pencarian Buaya dari BKSDA Sulteng, Haruna saat dimintai konfirmasi, dilansir Antara pada Kamis (5/11/2020).

Haruna menyampaikan pihaknya terus berupaya membantu melepaskan ban yang melilit leher buaya itu. Haruna mengatakan operasi penyelamatan rencananya kembali dilakukan usai pandemi Corona.

"Itu pasti (pencarian dilanjutkan), akan kita lakukan upaya evakuasi bila Corona ini sudah tidak menakutkan," ujar Haruna.

Ahli Reptil Australia Coba Selamatkan Buaya Berkalung Ban

Seperti diketahui, upaya menyelamatkan buaya dari lilitan ban ini sempat mencuri perhatian pada Februari lalu. BKSDA Sulteng bekerja sama dengan ahli reptil dari Australia, Matt Wright dan pembawa acara televisi Animal Planet, Forrest Galante saat itu. Pencarian dilakukan sejak 9 Februari lalu.

Matt Wright pun selama 8 hari berusaha mengevakuasi buaya berkalung ban bersama tim BKSDA Palu. Namun Matt tak berhasil memancing buaya ini muncul ke permukaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2