Jejak Politik Nova Iriansyah: Pernah Gagal di Pilkada-Jadi Gubernur Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 11:15 WIB
Suasana pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh (Dok. Pemprov Aceh)
Suasana pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh (Foto: dok. Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Nova Iriansyah resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Dalam tiga tahun terakhir, Nova tiga kali dilantik. Seperti apa perjalanan karier politiknya?

Dirangkum detikcom, Kamis (5/11/2020), sebelum terjun ke dunia politik, Nova merupakan dosen di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Kariernya sebagai pengajar di Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Unsyiah dia tekuni selama 19 tahun. Lulusan magister Teknik Arsitektur ITB Bandung ini juga pernah menjabat Ketua Jurusan periode 2004-2006.

Pensiun dari dosen, Nova memilih berkarier di dunia politik sejak 2006. Tiga tahun berselang, politikus Partai Demokrat ini terpilih sebagai anggota DPR dan bertugas di Komisi V. Tiga tahun di Senayan, Nova pulang kampung dan mencalonkan diri sebagai wakil gubernur.

Pada Pilkada Aceh 2012, Nova menjadi calon wakil gubernur (cawagub) dan berduet dengan Muhammad Nazar. Namun pasangan ini gagal memimpin Aceh sehingga Nova kembali ke Senayan hingga akhir masa jabatan 2014.

Lima tahun berselang, pria kelahiran Banda Aceh, 22 November 1963, ini kembali mencalonkan diri sebagai cawagub pada Pilkada 2017. Saat itu, dia berpasangan dengan calon gubernur Irwandi Yusuf.

Ketika hari pemilihan Februari 2017, pasangan Irwandi-Nova berhasil memenangi pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. Ketua DPD Partai Demokrat Aceh ini kemudian dilantik sebagai wakil gubernur dalam sidang paripurna di DPR Aceh pada pada 5 Juli 2017.

Setahun menjabat wakil gubernur, Nova dilantik menjadi Plt Gubernur pada 9 Juli 2018. Nova diangkat sebagai pelaksana tugas gubernur setelah Irwandi tersandung kasus korupsi.

Lihat juga video 'Lantik Plt Gubernur Aceh, Tjahjo Ingatkan Penggunaan Dana Otsus':

[Gambas:Video 20detik]