Ketua KPU Jeneponto Perkosa Caleg, Sempat Dinikahi Lalu Ditalak Via Telepon

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 21:45 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pelanggaran etik Ketua KPU Jeneponto Baharuddin Hafid, yang memerkosa seorang caleg wanita Dapil IV DPRD Provinsi Sulsel dari Partai Perindo pada Pileg 2019, terungkap. Ternyata caleg berinisial PD itu sempat dinikahi Baharuddin setelah diperkosa, lalu ditalak lagi via telepon.

Dalam salinan putusan pemecatan Baharuddin sebagai Ketua KPU Jeneponto oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI dengan Nomor: 96-PKE-DKPP/IX/2020 dan Nomor: 104-PKE-DKPP/X/2020 terungkap, pemerkosaan pertama kali terjadi sesaat setelah PD masuk daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019 untuk Dapil IV DPRD Provinsi.

"Setelah penetapan DCT, pada tanggal 26 September 2018, Sdr Dr Baharuddin Hafid, SAg, MPd, meminta disiapkan tempat buat ngobrol tentang strategi pemetaan suara pemenangan sebagai caleg dan Pengadu I (wanita inisial PD) menyiapkan tempat untuk bertemu di salah satu kafe 'Roemah Kopiku' Jl Topaz," jelas DKPP dalam salinan putusannya seperti dilihat detikcom, Rabu (4/11/2020).

Baharuddin saat itu langsung menolak bertemu PD di kafe di Jalan Topaz, Panakkukang, Makassar. Alasannya, kafe tersebut sangat terbuka untuk umum.

"Baharuddin menolak dengan alasan tempatnya terbuka dan meminta di hotel saja, 'Arthama Hotel', dan di sini terjadi pemerkosaan/pemaksaan seks yang dilakukan oleh Sdr Dr Baharuddin Hafid, SAg, MPd, dan bersumpah untuk membantu memenangkan Pengadu I sebagai caleg dapil IV DPRD Provinsi Sulsel," tulis DKPP dalam salinan putusannya.

Ternyata PD gagal menjadi anggota DPRD Sulsel dan janji yang diembuskan Baharuddin tinggallah janji.

Kemudian pada 17 Mei 2020, Baharuddin mendatangi rumah PD dan meminta izin kepada ibu kandung PD untuk menikahi PD. Niat Baharuddin menikahi PD dibuktikan dengan lamaran Baharuddin terhadap PD pada 15 Agustus 2020. Saat itu Baharuddin membawa keluarga besarnya saat melamar PD.

"Pada tanggal 16 Agustus 2020, Sdr Baharuddin Hafid, SAg, MPd, menikahi Pengadu," jelas DKPP.

Namun usia pernikahan Baharuddin dengan PD tidak berlangsung lama. Sebulan setelah pernikahan itu, Baharuddin menalak PD via telepon. Bagaimana ceritanya? Simak selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2