Polisi Antisipasi Penyambutan Massa Saat Habib Rizieq Tiba di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 15:00 WIB
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyampaikan tidak ada pengamanan khusus terkait rencana kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. Meski begitu, polisi akan mengantisipasi jika ada penyambutan oleh massa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya tidak menyiapkan pengamanan khusus terkait kepulangan Habib Rizieq ini. Pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta dilaksanakan seperti biasa.

"Tidak ada pengamanan khusus, memangnya dia siapa? Biasa saja, ya gimana kalau orang pulang dari luar negeri, biasa saja. Terus apa yang jadi luar biasa?" kata Yusri saat dihubungi detikcom, Rabu (4/11/2020).

Yusri mengatakan pihaknya akan melihat perkembangan situasi di lapangan nantinya. Jika nanti ada penyambutan oleh massa, polisi akan melakukan pengamanan agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Nanti kita lihat perkembangannya. Kalau ada massa yang jemput, pasti kita amankan, apa polisi bandara yang mengamankan," katanya.

"Tetapi, sekali lagi, tidak ada pengamanan khusus," sambungnya.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab sebelumnya mengumumkan rencana kepulangan dari Arab Saudi ke Indonesia. Rizieq akan terbang ke Jakarta pada pekan depan.

"Insyaallah saya dan keluarga, insyaallah hari Senin tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu Saudi akan terbang dari bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudia," kata Rizieq di akun YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Habib Rizieq setiba di Tanah Air. Salah satunya adalah menikahkan putrinya.