Jika Curah Hujan Tinggi, Anies Minta Banjir Surut dalam 6 Jam-Tak Ada Korban

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 10:39 WIB
Anies Baswedan saat apel kesiapsiagaan musim hujan (Arun/detikcom)
Anies Baswedan saat apel kesiapsiagaan musim hujan. (Arun/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tingkat Ibu Kota. Anies berharap, ketika curah hujan deras turun, genangan dapat surut dalam waktu 6 jam.

"Bila hujan di atas 100 mm seperti awal tahun lalu terjadi hujan 377 mm, maka tanggung jawab kita adalah, ini saya sampaikan sebagai arahan, ada dua indikator suksesnya, satu tidak ada korban, semua warga selamat. Dua, genangan harus surut dalam 6 jam," kata Anies di Lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

"Ini bila curah hujan di atas kapasitas sistem drainase kita. Seluruh unsur bersiaga di sini. Insyaallah Jakarta bisa terbebas dari banjir, dan bila terjadi curah hujan yang amat lebat kita bisa segera surut dalam waktu kurang dari 6 jam," imbuhnya.

Anies mengatakan rata-rata kapasitas sistem drainase di Jakarta adalah 100 mm per hari. Bila curah hujan di bawah itu, Anies menyebut tidak boleh terjadi banjir.

"Kita sampaikan di sini bahwa sistem drainase di Jakarta kapasitas maksimalnya rata-rata 100 mm per hari karena apabila hujan lokal di bawah 100 mm ditargetkan tidak boleh terjadi banjir," ujar Anies.

Anies menyatakan apel kesiapsiagaan ini bertujuan mengingatkan semua unsur agar siap menghadapi musim hujan. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan protokol COVID-19 dalam penanganan banjir.

"Penanganannya Anda lihat tenda yang warna oranye, itu adalah tenda contoh pengungsian yang akan digunakan untuk pengungsian, apabila ada pengungsi yang terpapar COVID, maka disiapkan tenda khusus. Di dalamnya ada bilik-bilik untuk mereka punya ruang privat. Kapal juga begitu, disiapkan perahu yang untuk membawa mereka-mereka yang punya gejala atau terpapar COVID," jelasnya.

Tenda khusus pengungsian di Jakarta saat pandemi Corona (Arun/detikcom)Tenda khusus pengungsian di Jakarta saat pandemi Corona. (Arun/detikcom)

Simak juga video 'Gelontorkan Rp 5 T, Ini Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir dan La Nina':

[Gambas:Video 20detik]

Apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tingkat Ibu Kota ini juga dihadiri sejumlah tokoh. Siapa saja? Simak di halaman selanjutnya.