Anies Pimpin Apel Kesiapsiagaan Hadapi Musim Hujan di DKI Jakarta

Luqman Arun - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 08:24 WIB
Apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Jakarta
Foto: Luqman Arun/detikcom
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Lapangan Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin langsung apel tersebut.

Pantauan detikcom, Rabu (4/11/2020), apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan dimulai pukul 07.15 WIB. Selain Anies, turut hadir Kepala BNPB Doni Monardo, Wagub DKI Ahmad Riza Patria, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Pertama TNI Nazali Lempo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, dan Kapolres Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko.

Acara ini diikuti sekitar ratusan personel dari berbagai instansi yakni, BPBD DKI, PMI, SAR DKI , kepolisian, TNI, hingga Satpol PP DKI. Anies menyebut ada tiga kata kunci dalam penanganan musim hujan di Ibu Kota, yakni siaga, tanggap, dan galang.

"Pagi ini, kita laksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan, kita kirimkan pesan ke diri sendiri bahwa pada musim hujan ini kita punya tingkat kewaspadaan yang tinggi, ada 3 kata kunci, yaitu siaga, tanggap, galang," kata Anies di Lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2020).

Selain itu, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada unsur tiga pilar. Doni memberikan bantuan 13 unit perahu karet kepada Anies Baswedan.

Diketahui, Pemprov DKI menganggarkan dana lebih dari Rp 1 triliun untuk mengendalikan banjir di Jakarta. Dalam waktu dekat, Pemprov DKI akan memprioritaskan pelebaran penampungan air terlebih dahulu.

"Banjir ini situasi sekarang kita yang utama itu akan memperbesar volume tampungan air, caranya pertama melakukan pengerukan 13 sungai waduk, embung, kemudian got-got, gorong-gorong, semua kita perluas volumenya," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria kepada detikcom, Sabtu (25/10).

(man/man)