KPK Tetapkan 3 Tersangka Baru di Kasus Korupsi PT DI

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 17:32 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengumumkan 3 tersangka baru kasus dugaan korupsi PT DI.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (tengah) mengumumkan 3 tersangka baru kasus dugaan korupsi PT DI. Tiga tersangka dipamerkan. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

KPK menetapkan tiga orang tersangka baru terkait kasus dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Ketiganya dijerat sebagai tersangka dalam pengembangan kasus.

Tiga orang itu adalah Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan PT DI pada 2007-2014 dan terakhir menjabat Direktur Produksi PT DI pada 2014-2019 Arie Wibowo (AW), Direktur Utama PT Abadi Sentosa Perkasa Didi Laksamana (DL), dan Dirut PT Selaras Bangun Usaha Ferry Santosa Subrata (FSS).

"Dalam proses penyidikan, KPK mencermati fakta-fakta yang berkembang sehingga ditemukan dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan pihak lain. Setelah menemukan bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ke penyidikan dan telah menetapkan tersangka," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2020).

Alex mengatakan ketiganya diduga ikut terlibat dalam korupsi penjualan dan pemasaran di PT DI pada 2007-2017. Alex mengatakan kasus dugaan korupsi tersebut menggunakan modus kontrak fiktif.

"Penandatanganan kontrak mitra penjualan sebanyak 52 kontrak selama periode 2008 sampai 2016. Kontrak mitra penjualan tersebut adalah fiktif, dan hanya sebagai dasar pengeluaran dana dari PT DI (Persero) dalam rangka pengumpulan dana untuk diberikan kepada customer/end user," katanya.

Simak video 'Jadi Tersangka Korupsi PT DI, Dirut PT PAL Ditahan KPK':

[Gambas:Video 20detik]



KPK menyampaikan kerugian negara dalam kasus ini. Simak di halaman selanjutnya >>>