Prabowo-Menhan Jepang Diskusi Via Video Conference, Bahas Laut China Selatan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 15:49 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto (detikcom)
Jakarta -

Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Nobuo Kishi berbincang soal sejumlah topik lewat video konferensi. Mereka membahas mulai dari keamanan regional masing-masing negara, kerja sama alutsista dan teknologi, sampai peningkatan komunikasi antara RI dan Jepang.

"Menteri Kishi dan Menteri Prabowo bertukar pandangan tentang masalah keamanan regional, termasuk Laut China Timur dan Laut China Selatan, sehubungan dengan peristiwa terkini yang terjadi di wilayah tersebut, dan menegaskan kembali pentingnya tatanan maritim yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum," demikian keterangan tertulis Kemenhan Jepang yang dipublikasikan melalui situs www.mod.go.jp, Selasa (3/11/2020).

"Menteri Kishi menyatakan bahwa Jepang menentang setiap upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan paksaan atau kegiatan apa pun yang meningkatkan ketegangan," imbuhnya.

Prabowo dan Kishi juga bertukar pandangan tentang kerja sama dan pertukaran pertahanan bilateral, termasuk memperlancar diskusi tentang kerja sama alutsista dan teknologi. Kedua menteri sepakat mempromosikan kerja sama pertahanan dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit menular, termasuk berbagi keahlian dan pembelajaran selama operasi bantuan bencana, terkait dampak pandemi COVID-19.

"Dalam konteks ini, kedua menteri juga sepakat dalam menjaga komunikasi yang erat antara otoritas pertahanan masing-masing, termasuk pertemuan '2+2' pada waktu yang sedini mungkin, dan secara proaktif mempromosikan kerja sama dan pertukaran pertahanan untuk menegakkan dan memperkuat Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," begitu keterangan Kemenhan Jepang.

Kishi sendiri merupakan Menhan Jepang yang baru. Prabowo tidak lupa mengucapkan selamat atas pengangkatan Kishi sebagai Menhan Jepang.

"Menteri Prabowo mengucapkan selamat kepada Menteri Kishi atas pengangkatannya sebagai Menteri Pertahanan. Menteri Kishi mengungkapkan apresiasinya," tulis Kemenhan Jepang.

Seperti diketahui, Menhan Prabowo melakukan kunjungan ke berbagai negara pada Oktober lalu. Setidaknya ada empat negara yang Prabowo kunjungi, yakni Amerika Serikat, Austria, Prancis, dan Turki.

Simak juga video 'Bertemu PM Jepang, Jokowi Berharap Laut China Selatan Damai':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2