Round-Up

Prabowo Sudah Bertemu Menhan Austria, Deal Borong 15 Jet Eurofighter?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 07:29 WIB
Ini Jet Eurofighter Typhoon yang Bikin Arab Saudi dan Amerika Sepakat
Foto ilustrasi: Jet Eurofighter Typhoon (Dok. BAE System)
Jakarta -

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner. Prabowo punya rencana memborong 15 jet Eurofighter milik Austria. Apakah sudah ada kesepakatan (deal) lewat pertemuan kemarin?

Austria memiliki jet Eurofighter Typhoon Trance 1 Block 5 sebanyak 15 unit. Lewat Surat kepada Menhan Austria Klaudia Tanner tertanggal 10 Juli 2020 lalu, Prabowo sudah menyampaikan keinginannya untuk membeli semua pesawat tempur milik negara tanpa lautan di Eropa tengah itu.

"Saya diberi tahu oleh Bapak WD Grosse bahwa Pemerintah Austria telah mengakuisisi Eurofighter Typhoon pada 2002. Hari ini, Austria telah mempunyai 15 pesawat tersebut. Untuk mencapai target saya memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, saya hendak mengajukan pembicaraan resmi dengan Anda, Yang Mulia, untuk membeli semua 15 Eurofighter Typhoon dari Austria untuk Angkatan Udara Republik Indonesia," demikian tulis Prabowo kepada Tanner.

Berita itu tersebar di berbagai media massa di Eropa, antara lain The NewsABC.net, media berbahasa Jerman Klaine Zeitung, Die Presse, dan lain sebagainya.

Surat berbalas. Tanner menyurati Prabowo. Dilansir koran terbesar Austria, Kronen Zeitung, Tanner berkirim surat ke Prabowo tertanggal 4 September 2020.

"Oleh karena itu kami dengan senang hati menerima minat Anda untuk membeli lima belas Eurofighter Austria untuk memodernisasi armada udara Anda dan sekarang akan menilai dan memeriksanya secara intensif. Sehubungan dengan ini, pakar saya akan menghubungi posisi Anda untuk mengklarifikasi pertanyaan lebih lanjut," tulis Tanner.

Menhan Prabowo Subianto Kunjungan ke Wina Bahas Kerja Sama Bilateral PertahananMenhan Prabowo Subianto Kunjungan ke Wina Bahas Kerja Sama Bilateral Pertahanan Foto: Dok. Istimewa

Tonton video 'Amnesty International Surati Menlu AS Terkait Visa Mehan Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2