Prabowo Lanjutkan Safari Pertahanan ke Turki, Disambut Upacara Militer

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 18:01 WIB
Kunjungan Prabowo Subianto di Turki
Kunjungan Prabowo Subianto di Turki (Foto: Dok. Kemhan)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melanjutkan kunjungan ke Turki untuk menemui Menhan Hulusi Akar. Di sana, Prabowo langsung disambut dengan upacara militer.

"Menteri Pertahanan Prabowo, Jumat (23/10), melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar di Ibu Kota Ankara, Turki. Saat menemui Menhan Turki, Menhan RI Prabowo Subianto disambut dengan upacara militer," demikian keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemhan.go.id, Minggu (25/10/2020).

Prabowo dengan Hulusi membahas kerja sama pertahanan di antara kedua negara. Selain itu, mereka turut membahas perkembangan dan keamanan pertahanan hingga kerja sama di bidang industri.

"Dalam pertemuan ini Menteri Pertahanan kedua negara membicarakan mengenai kerja sama pertahanan antara kedua negara yang telah terjalin baik selama ini, perkembangan situasi pertahanan dan keamanan di kawasan serta kerja sama di bidang industri pertahanan," demikian pernyataan Kemhan.

Kunjungan Prabowo Subianto di TurkiKunjungan Prabowo Subianto di Turki (Foto: Dok. Kemhan)

Pada November 2019, Prabowo sebelumnya telah menemui Menhan Turki untuk membahas hubungan bilateral. Pertemuan itu pun juga membahas industri pertahanan di antara kedua negara.

"Pada kunjungan Menhan RI Prabowo ke Turki sebelumnya tahun lalu pada 26 November 2019, Menhan RI juga menemui Menhan Turki untuk melaksanakan pertemuan bilateral yang membicarakan kerja sama pertahanan yang termasuk di dalamnya kerja sama industri pertahanan antara kedua negara," demikian pernyataan Kemhan.

Safari ini disebut sebagai lanjutan dari rangkaian perjalanan Menhan Prabowo pada 2019. Prabowo menyebut langkah ini untuk mempererat hubungan kerja sama kepada menhan negara sahabat.

"Kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke Turki kali ini adalah lanjutan dari rangkaian perjalanannya mempererat hubungan kerja sama pertahanan dengan Menteri Pertahanan negara-negara sahabat," demikian pernyataan Kemhan.

Sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto juga telah melanjutkan kunker dari Austria ke Prancis. Prabowo bertemu dengan Menhan Prancis Florence Parly guna membahas kelanjutan kerja sama pertahanan.

"Iya melanjutkan pembicaraan kerja sama pertahanan yang sudah dibuat terkait pelatihan bersama, termasuk pelatihan-pelatihan dan kerja sama Industri pertahanan dan lain-lain," kata Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (22/10).

Tonton juga 'Survei Kandidat Capres Favorit: Ganjar-Prabowo Naik, Anies Stagnan':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)