Polisi Selidiki Motif Pelajar Asal Bogor Bawa Pistol Mainan Saat Demo FPI

Sachril Agustin - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 18:04 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Polisi menemukan pistol mainan saat mengamankan 10 orang pelajar asal Bogor di sekitar lokasi demo FPI dkk di depan Kedubes Prancis. Motif pelajar membawa pistol mainan itu kini tengah didalami polisi.

"Untuk sementara ini laporan dari reskrim baru 10, yang tadi di awal, itu (yang diamankan) anak-anak dari daerah Bogor. Itu rata-rata di bawah umur semua (10 pelajar yang diamankan). Memang tadi pada saat diamankan, ditemukan mainan pistol, jadi bukan pistol beneran, mainan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto di Jalan MH Thamrin, Jakpus, Senin (2/11/2020).

Heru mengatakan 10 pelajar yang diamankan ini adalah satu kelompok. Saat ini polisi masih mencari tahu alasan pelajar tersebut membawa pistol mainan.

"Tapi hasil dari pemeriksaan kita belum dapatkan, mungkin sebentar lagi kita akan informasikan lagi. Motivasi dia, dia membawa pistol untuk apa nih, yang kita belum dapat jawaban," terang Heru.

Heru menjelaskan para pelajar tersebut diamankan karena tidak bisa menjelaskan tujuannya datang ke demo di Kedubes Prancis. Menurut Heru, para pelajar tersebut akan dipulangkan jika tak membawa barang membahayakan.

"Yang jelas yang kita amankan karena kelompok itu, ditanya mau ke mana, yang mimpin siapa, yang ngawal siapa, dia tidak menjawab, makanya kita amankan. Dan ada 1 mainan pistol itu yang kita agak curiga, ada aksi aja bawa mainan pistol. Mungkin kalau memang tidak membahayakan dan tidak ada benda tajam atau apa, bisa kita kembalikan," tandas Heru.

Selanjutnya
Halaman
1 2