Ini Pernyataan FPI Kecam Presiden Macron 'Syarrul-bariyyah' Hina Islam

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 17:25 WIB
Jakarta -

Front Pembela Islam (FPI) membuat pernyataan sikap terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pernyataan sikap yang juga dibuat dalam tulisan bahasa Prancis ini disampaikan saat aksi unjuk rasa di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat (Jakpus).

Pantauan detikcom, Senin (2/10/2020) di lokasi, salah satu perwakilan FPI naik ke atas mobil komando untuk membacakan pernyataan sikap. FPI serta sejumlah ormas Islam lainnya menyayangkan sikap Macron yang mereka anggap telah menghina Nabi Muhammad SAW maupun agama Islam.

"Sangat disayangkan ketika umat Islam merayakan kemuliaan Nabi, di bulan kelahirannya ini, beberapa kaum harbi kafir melakukan tindakan yang jelas-jelas memusuhi Nabi dan ajaran Islam," kata perwakilan FPI itu dari atas mobil komando.

Setidaknya ada tiga hal yang dinyatakan oleh FPI. Pertama, pihaknya mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh Emmanuel Macron karena dinilai mengedepankan kebencian terhadap agama Islam. FPI menyebut Macron Syarrul-bariyyah atau seburuk-buruknya makhluk.

Berikut ini pernyataan sikap FPI yang ditulis dalam bahasa Prancis kemudian diterjemahkan: