Sidang Kepemilikan Pil Xanax, Vanessa Angel Akan Divonis Kamis 5 November

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 14:04 WIB
Vanessa Angel memberikan keterangan dalam lanjutan sidang kepemilikan pil xanax di PN Jakbar. Vanessa mengaku mengkonsumsi pil xanax di sel tahanan di Surabaya.
Vanessa Angel (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Vanessa Angel segera mendengarkan putusan atas perkara kepemilikan 20 butir pil Xanax yang menjeratnya. Majelis hakim menyatakan sidang dengan agenda putusan itu akan digelar pada Kamis, 5 November 2020.

"Putusan dibacakan pada tanggal 5 November 2020, hari Kamis jam 12.30 WIB," ucap ketua majelis hakim Hermawan Septiyanto dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Senin (2/11/2020).

Sidang pada hari ini sebelumnya beragendakan duplik atau tanggapan dari pihak Vanessa Angel atas replik dari jaksa. Penasihat hukum Vanessa, Kemal Maruszama, tetap pada pendiriannya, yaitu berharap majelis hakim menolak tuntutan dari jaksa. Dia membantah jaksa bila Vanessa mendapatkan pil Xanax dengan cara yang tidak sah.

"Penebusan ke apotek itu juga sudah ada, namun administrasinya yang tidak dilakukan apotek," kata Kemal dalam persidangan.

Dalam kasus ini, Vanessa Angel dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman 6 bulan penjara atas kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Vanessa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Vanessa Angel disebut jaksa bersalah melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Vanessa dalam pleidoinya juga mengakui telah menyalahi prosedur ketika membeli pil Xanax di salah satu apotek di Surabaya, Jawa Timur. Karena itu, Vanessa sangat menyesal atas tindakannya. Menurut Vanessa, tindakannya itu telah melukai hati keluarganya.

"Dalam kasus ini, saya sadar bahwa obat Xanax yang saya dapat dari apotek di Surabaya itu adalah menyalahi prosedur. Tapi resep saya tidak diminta oleh pihak apotek dan masih ada di tangan saya," ujar Vanessa Angel ketika membacakan pleidoi di PN Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Senin (26/10).

Simak juga video 'Pleidoi Ditolak JPU, Vanessa Angel Siap Ajukan Duplik':

[Gambas:Video 20detik] (dwia/dhn)