Polda Metro Petakan Titik Rawan Begal Sepeda, di Antaranya Sudirman-Thamrin

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 13:36 WIB
Kasus begal pesepeda saat ini sedang marak di Jakarta. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) pun disiagakan di jalur khusus sepeda Jalan Sudirman.
Ilustrasi aktivitas bersepeda di Jakarta. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kasus begal pesepeda kini tengah marak terjadi di Jakarta. Polda Metro Jaya telah memetakan daerah-daerah yang dianggap rawan begal pesepeda.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, daerah-daerah tersebut meliputi kawasan Sudirman hingga daerah Kota Tua.

"Masing-masing Polres punya mapping masing-masing ya. Kalau secara umum di Jakarta ini kan kawasan Thamrin-Sudirman sampai dengan Jalan Merdeka Barat dan Selatan. Lalu sampai di daerah Stasiun Kota sana," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/11/2020).

Selain itu, Yusri mengimbau para pesepeda juga berperan dalam meminimalkan pembegalan. Pesepeda diimbau agar tidak menyimpan peralatan berharga secara terbuka.

"Kita imbau pengguna sepeda agar menjaga masing-masing keamanannya, tolong barang-barang berharga disimpan di tempat-tempat yang tidak kelihatan. Kemudian cari rute-rute yang memang jangan rute yang sepi," terang Yusri.

Polisi pun telah melakukan serangkaian analisis terkait maraknya peristiwa pembegalan pesepeda. Menurut Yusri, peristiwa tersebut kerap kali terjadi mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 09.00 pagi hari.

"Hasil anev (analisis dan evaluasi) kita bahwa kejadian selama ini yang dilaporkan dan tidak dilaporkan ke kepolisian, kejadian (begal sepeda) terjadi jam 6 sampai jam 9 pagi," ungkap Yusri.