Hina Islam di Facebook, Pemuda di Sintang Kalbar Divonis 10 Bulan Bui

Andi Saputra - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 13:01 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook (Andhika Prasetia/detikcom)
Sintang -

Seorang pemuda di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), YR dihukum 10 bulan penjara karena menghina Islam. YR membuat komentar di Facebook yang bermuatan SARA soal Ka'bah.

Hal itu tertuang dalam putusan Pengadilan Negeri (PN) Sintang sebagaimana dilansir website Mahkamah Agung (MA), Senin (2/11/2020). Kasus bermula saat pemuda berusia 23 tahun itu komentar di grup Facebook Pontianak Informasi.

Singkat cerita, komentar YR menjurus kepada penghinaan terhadap Ka'bah di Mekkah. YR menganalogikan Ka'bah sebagai berhala.

Komentar itu memancing amarah umat Islam Sintang. Perkumpulan Pemuda Muslim Kabupaten Sintang, Ar-Ribath, melaporkan YR ke Polsek Sungai Tebelian. Oleh aparat, laporan ini diproses dan diteruskan hingga ke pengadilan.

Di persidangan, YR mengakui perbuatannya. Ia mengaku membuat komentar itu karena kesal dan terpancing oleh komentar akun Facebook yang lain.

PN Sintang memutuskan YR terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian individu dan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan SARA sebagaimana dakwaan alternatif kesatu.

Simak di halaman selanjutnya. >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2