Polda Metro Siapkan 15 Ribu Personel Amankan Demo Buruh dan PA 212

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 11:37 WIB
Jelang aksi unjuk rasa buruh, ada ribuan personel gabungan yang dikerahkan untuk amankan gedung DPR. Aksi itu dilakukan untuk menolak revisi UU Ketenagakerjaan.
Ilustrasi pengamanan demo oleh kepolisian. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengamankan 2 agenda demo hari ini yakni penolakan omnibus law UU Cipta Kerja oleh buruh dan juga demo di depan Kedubes Prancis oleh massa PA 212. Total ada 15 ribu personel untuk mengamankan 2 agenda massa tersebut.

"7.766 personel kita turunkan di dua titik demonstrasi tersebut serta di penggal-penggal jalan untuk mengatur lalu lintas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/11/2020).

Yusri menyebutkan personel tersebut merupakan gabungan anggota polisi, TNI, hingga pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, Yusri mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan ribuan personel cadangan yang ditempatkan di Polda Metro Jaya dan kawasan Monas.

"Ada juga 8.000 personel yang kita cadangkan baik itu di Polda Metro Jaya dan Tugu Monas. Personel gabungan TNI-Polri ya. Nanti sambil melihat situasi yang ada, kita lihat apa perlu diturunkan atau tidak," tutur Yusri.

Aparat kepolisian meminta para pengunjuk rasa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama aksi demonstrasi berlangsung. Selain itu, Yusri mengimbau para demonstran untuk mewaspadai hadirnya para provokator di kelompok mereka.

"Kita harap korlap (koordinator lapangan) bisa menjaga massanya jangan sampai masuk provokator yang bisa menciptakan kerusuhan. Kita pun lakukan patroli dan penjagaan supaya bisa berlangsung dengan damai hingga sore hari," tutur Yusri.

Simak video 'Aksi Bela Nabi, Massa PA 212 Mulai Padati Jalan Sekitar Kedubes Prancis':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2