Barracuda-Water Cannon Siaga, Begini Suasana Jelang Demo di Kedubes Prancis

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 10:01 WIB
Begini Suasana Jelang Demo di Kedubes Prancis
Begini Suasana Jelang Demo di Kedubes Prancis (Farih/detikcom)

Seruan aksi ini sebelumnya telah disampaikan oleh juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustaz Haikal Hassan. Dia mengajak massa untuk berdemonstrasi dengan tertib.

"Saya Haikal Hassan dengan ini meminta, mengimbau, mengajak kepada seluruh umat Islam yang akan melakukan protes terhadap penistaan agama yang dilakukan Pemerintah Prancis, mari kita protes, tentu dengan akhlak Rasulullah juga," kata Haikal dalam video.

Sementara itu, polisi telah menyiapkan 8.000-an personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa di dua titik tersebut. Polisi menyebut personel tersebut cukup untuk mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

"Kemungkinan kayak yang kemarin, nggak jauh beda. Kemarin itu sekitar 7.000-8.000, cuma bisa berubah. Tapi nggak terlalu signifikan," kata Kabag Ops Polres Jakarta Pusat AKBP Wiraga Dimas Tama kepada wartawan, Minggu (1/11).

Wiraga mengatakan estimasi massa yang akan menggelar demo di dua titik aksi itu sekitar 1.500 orang lebih. Dia menyebut massa buruh yang demo di Patung Kuda akan berkumpul sejak pukul 10.00 WIB dan massa yang demo di depan Kedubes Prancis selepas salat Zuhur.


(fas/knv)