Catat! Rekayasa Lalin Saat Demo di Istana dan Kedutaan Prancis

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 08:27 WIB
Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi, Jakarta, Kamis (26/09/2019) masih ditutup oleh aparat polisi.
Foto: Ilustrasi penutupan jalan di Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom).
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) saat ada aksi unjuk rasa buruh di Istana Negara, dan PA 212 di depan Kedutaan Besar Prancis. Sejumlah jalan akan ditutup secara situasional.

"Penutupan arus lalu lintas sifatnya situasional," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Senin (2/11/2020).

Berikut rekayasa lalin tersebut:

Penutupan di kawasan Istana:

- Titik-titik penutupan ada di Simpang Harmoni, Jalan Veteran Raya, Jalan Abdul Muis dan Jalan Musemum di depan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

- Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Medan Merdeka Selatan pun ditutup. Selain itu, lalin dari Jalan Medan Merdeka Timur tidak bisa masuk ke Jalan Medan Merdeka Utara.

Rekayasa di Jl Thamrin:

- Jl MH Thamrin dari depan Simpang Sarinah ke arah Kedubes Prancis ditutup.
- Jl Sunda dan Timor ditutup.

Diketahui, para buruh yang tergabung dalam 32 konfederasi akan melakukan aksi unjuk rasa serentak di 24 provinsi guna menolak omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut kenaikan upah minimum 2021 esok hari. Di Jakarta, aksi tersebut akan terpusat di dua titik, yakni Istana dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Bagaimana pengamanan dua titik demo yang dilakukan polisi? Simak di halaman berikutnya.