Polisi Kerahkan 8 Ribuan Personel Amankan Demo di Patung Kuda-Kedubes Prancis

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 06:00 WIB
Personel kepolisian dari Sabhara dan Brimob bersiaga di depan Gedung DPR. Jelang pelantikan presiden, penjagaan gedung DPR diperkatat.
Ilustrasi (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Aksi demonstrasi bakal digelar siang ini, yang berpusat di kawasan Patung Kuda dan Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat. Polisi telah menyiapkan 8 ribuan personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa di dua titik tersebut.

"Kemungkinan kayak yang kemarin, nggak jauh beda. Kemarin itu sekitar 7.000-8.000, cuma bisa berubah. Tapi nggak terlalu siginifikan," kata Kabag Ops Polres Jakarta Pusat, AKBP Wiraga Dimas Tama, kepada wartawan, Minggu (1/11/2020).

Wiraga mengatakan estimasi massa yang akan menggelar demo di dua titik aksi itu sekitar 1.500 orang lebih. Dia menyebut massa buruh yang demo di Patung Kuda akan berkumpul sejak pukul 10.00 WIB dan massa yang demo di depan Kedubes Prancis selepas Salat Dzuhur.

"Buruh pagi ya jam 10, jam 11. Kalau untuk di kedubes di atas jam 12 habis dzuhur," ujar Wiraga.

Dihubungi terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah titik jalan di sekitar Patung Kuda. Sedangkan untuk aksi demo di depan Kedubes, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Kalau yang Patung Kuda seperti biasa di enam titik. Kalau di Thamrin itu situasional," ucap Sambodo.

Tonton video 'Mahfud Md Ingatkan Aksi Demo Macron di Indonesia Digelar Tertib':

[Gambas:Video 20detik]