Viral Pria Bergelantung di Jembatan Rel, PT KAI Ingatkan Ancaman Pidana

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 08:02 WIB
Kemiskinan membuat sejumlah warga tinggal di pinggir rel kereta api di kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Begini potretnya.
Ilustrasi rel kereta. Foto tidak berhubungan dengan isi berita. (Foto: Pradita Utama)

PT KAI Daop 1 Jakarta menegaskan, tidak boleh ada orang yang berada di lintasan kereta api karena sangat membahayakan. Hal ini dinyatakan dalam pasal 181 ayat (1) UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian.

"Apa yang sudah dilakukan pria dalam video merupakan pelanggaran dan dapat membahayakan dirinya juga perjalanan KA. Pelanggaran terhadap pasal 181 ayat (1) berupa pidana penjara paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah) sebagaimana yang dinyatakan dalam pasal 199 UU 23 tahun 2007," ujar Eva.

Eva menambahkan, posisi pria tersebut berada di bahu jalan rel di atas jembatan beton. Pemasangan patok pernah dilakukan tapi kemudian dibongkar oleh warga.

"Namun demikian seharusnya kesadaran warga di sini sangat penting karena memang sangat jelas bahwa jembatan tersebut bukan untuk lalu-lalang kendaraan ataupun warga," kata Eva.

"Jadi, kami kembali memohon kepada masyarakat agar dengan penuh kesadaran mengikuti ketentuan yang ada untuk keselamatan, karena jalan untuk kendaraan atau pejalan kaki sudah tersedia jadi jangan gunakan area jalur rel," sambungnya.

Halaman

(dkp/aik)