DetikNews
2017/08/02 15:05:02 WIB

Selonjoran Hingga Mesum, Ulah Penumpang KRL Ini Jangan Ditiru!

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 3
Selonjoran Hingga Mesum, Ulah Penumpang KRL Ini Jangan Ditiru! Foto: Kereta rel listrik (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Perilaku nyeleneh penumpang KRL kadang memang bikin geleng-geleng kepala. Dari selonjoran di kursi hingga mesum, hal-hal ini jangan ditiru oleh penumpang KRL lainnya.

Beberapa ulah para penumpang ini menarik perhatian publik bahkan sampai viral di media sosial. Terbaru, ada seorang penumpang yang duduk selonjoran di bangku yang terjadi pada akhir Juli lalu.

Tak hanya itu, ulah nyeleneh para penumpang KRL lainnya yaitu merebut kursi prioritas untuk wanita hamil, makan dan minum di dalam gerbong hingga meninggalkan sampah.

Selain itu, kondisi gerbong KRL yang kosong juga pernah dimanfaatkan penumpang remaja untuk berbuat mesum. Hal ini diketahui setelah aksi sepasang sejoli itu direkam oleh penumpang lainnya.

Vice President Communication PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada penumpang untuk tetap menjaga etika. Sebab, KRL merupakan fasilitas umum yang tiap penggunanya harus menghormati pengguna lainnya.

Berikut aneka ulah nyeleneh penumpang KRL:

1. Ibu-ibu Selonjoran di Bangku KRL

Seorang penumpang duduk selonjoran di bangku KRL yang jadi viralSeorang penumpang duduk selonjoran di bangku KRL yang jadi viral (Foto: Dok. Istimewa)

Peristiwa ini terjadi pada akhir Juli lalu. Gambar ini menjadi viral di media sosial.

"Ya, ini minggu lalu kejadiannya, sekitar tanggal 25-an (Juli), deh," kata Vice President Communication PT KCJ Eva Chairunisa saat dikonfirmasi, Rabu (2/8/2017).


Eva mengatakan, pihak PT KCJ menyayangkan adanya peristiwa ini. Menurutnya, semestinya penumpang tetap menjaga etika meskipun gerbong KRL dalam keadaan kosong.

"Meskipun kondisi KRL kosong, penumpang juga tidak boleh tiduran terlentang memanjang. Karena itu terkait etika, ya. Jadi bagaimana etika menggunakan fasilitas publik juga harus diketahui penumpang semestinya," ucap Eva.


2. Merebut Kursi Prioritas dari Ibu Hamil

Penumpang umum, diimbau mengutamakan penumpang yang masuk kategori prioritasPenumpang umum, diimbau mengutamakan penumpang yang masuk kategori prioritas (Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

Seorang wanita pengguna KRL pernah curhat di media sosial karena dia harus memberikan tempat duduknya kepada seorang ibu hamil. Dia merasa tidak terima karena sudah lebih dulu duduk di kursi prioritas.

Menanggapi hal ini, PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ) menyebut ibu hamil memang masuk dalam prioritas karena tergolong dalam kondisi khusus. Eva meminta para penumpang memberikan simpati kepada orang yang masuk ke dalam daftar prioritas.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed