Viral Detektor Suhu Penumpang KRL Didiamkan Saat Kedip Oranye, Ini Kata KCI

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 16:18 WIB
Viral Detektor Suhu Penumpang KRL Didiamkan saat Kedip Oranye, Ini Kata KCI
Viral detektor suhu penumpang KRL didiamkan saat berkedip oranye (Foto: Screenhsot video)
Jakarta -

Video yang menunjukkan sensor pendeteksi suhu tubuh di sebuah stasiun berkedip-kedip saat ada antrean penumpang viral di media sosial (medsos). PT KCI memberikan penjelasan soal peristiwa itu.

Video itu diunggah oleh akun Twitter @Seftyan_R12, Jumat (2/10). Dalam video itu terlihat sensor alat pendeteksi suhu tubuh berkedip dengan warga kuning-oranye. Sensor tersebut mengarah ke barisan antrean penumpang dan jaraknya tidak jauh.

Akun @Seftyan_R12 itu menduga sensor tersebut berkedip-kedip dengan warna kuning-oranye karena diduga ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius. Ia juga menyebut tidak adanya petugas yang bertindak padahal sensor tersebut terus berkedip.

"Wey Min @CommuterLine, ini sensor nyala, ada yang kedeteksi suhu 38 derajat, kok petugasnya diem aja. Di depan ada PKD polisi sama tentara, harusnya langsung samperin org yg kedeteksi di layar, cek ulang lg suhu tubuhnya.. kok diem aja para petugas ?! @CurhatKRL," tulis akun @Seftyan_R12 seperti dilihat Sabtu (3/10/2020).

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba memberi penjelasan terkait posting-an itu. Anne menyebut sensor pada thermal scanner atau pendeteksi suhu tubuh itu berkedip karena posisinya terkena sinar matahari.

"Jadi posisi thermal scanner-nya pas terkena sinar matahari, sudah di-follow up," kata Anne saat dimintai konfirmasi, Sabtu (3/10/2020).

Sementara itu, PT KCI juga merespons cuitan tersebut melalui Akun resminya @Commuterline. PT KCI mengatakan kejadian itu terjadi di Stasiun Citayam. PT KCI menyebut sensor thermal scanner atau pendeteksi suhu tubuh tersebut dalam keadaan normal.

"Selamat siang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dapat kami sampaikan perihal adanya kendala pada thermal scanner di Stasiun Citayam telah kami lakukan pengecekan dan perbaikan. Untuk saat ini Thermal Scanner dalam keadaan normal. Tks," tulis @Commuterline.

(ibh/jbr)