Restoran di Jimbaran Ramai Pengunjung Saat Libur Panjang, Ini Kata Satpol PP

Angga Riza - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 14:47 WIB
Suasana ramai sebuah restoran di Pantai Jimbaran, Bali (Twitter @drpriono1)
Suasana ramai sebuah restoran di Pantai Jimbaran, Bali, dikritik ahli epidemiologi UI, Pandu Riono (Twitter @drpriono1)
Denpasar -

Pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono mem-posting sebuah video yang menunjukkan ramainya sebuah restoran di Jimbaran, Bali. Terlihat suasana di pantai tersebut cukup ramai.

Pandu mengkritik sikap tak patuh pada protokol kesehatan di masa libur panjang. Dia menyinggung soal kapasitas rumah sakit (RS) yang bisa terpengaruh oleh liburan yang tidak mewaspadai penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Jimbaran, Bali, saat liburan panjang Okt 2020. Semua berbahagia, happy, melupakan pandemi yg tak kunjung terkendali. Pasca liburan, sebagian mungkin akan alami 'happy hypoxia'. Semoga kapasitas RS masih bisa menangani lonjakan kasus, cegah kluster tempat tinggal dan tempat kerja," demikian cuit Pandu di akun Twitter-nya, @drpriono1, seperti dilihat detikcom, Sabtu (31/10/2020).

Pihak Satpol PP membenarkan video tersebut terjadi di Pantai Jimbaran. Pihak Satpol PP saat ini sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 hingga keamanan desa adat (pecalang) untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di lokasi tersebut.

"Gini untuk di sana itu sudah ada pecalang sudah ada Satgas COVID desa sudah, artinya mereka pun di bawah koordinator desa semua itu. Artinya sudah ada Satgas COVID desa," kata Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Kerta Suryanegara saat dihubungi detikcom, Sabtu (31/10/2020).

Dia mengaku ada dilema soal penindakan di tempat yang berkaitan dengan ekonomi. Namun dia memastikan protokol kesehatan tetap diberlakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Simak video 'Warpat Puncak Ramai Diserbu Wisatawan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2