Sstt... Ternyata Selama Buron Hiendra Tersangka KPK Pakai Mobil 'Pelat RFO'

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 18:24 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Hiendra Soenjoto, buron KPK terkait kasus suap dan gratifikasi mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, berhasil diringkus KPK. Hiendra, yang jadi buron selama 8 bulan, disebut-sebut memakai mobil pelat 'RFO' selama melarikan diri.

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengklaim memiliki informasi mengenai itu. Dia berharap KPK bisa menindaklanjutinya untuk mencari tahu apakah pelat itu palsu atau tidak.

"Saya meminta kepada KPK melacak keberadaan mobil yang dipakai melarikan diri HS. Karena nampaknya mobil itu pakai pelat nomor kode RFO. Saya tidak bisa menduga itu asli atau palsu. Tapi setidaknya KPK harus mendalami itu, sampai HS kok bisa punya pelat nomor belakang RFO," kata Boyamin kepada wartawan, Jumat (30/10/2020).

Menurut Boyamin, KPK harus mencari tahu orang yang memberi fasilitas mobil pelat RFO kepada Hiendra. Sebab, kata dia, mobil berpelat RFO itu merupakan mobil dinas pejabat pemerintah.

"Sepanjang informasi yang saya terima itu kode belakangnya RFO dan itu kan jenis mobil khusus. Seorang buron kok bisa punya itu. Saya minta itu dilacak dan diverifikasi dan kemudian jika memang ada yang membantu termasuk urusan mobil ini ya dilakukan pasal 21," ujar Boyamin.

Boyamin mengatakan Hiendra dengan sengaja melarikan diri memakai mobil pelat RFO. Menurutnya, dengan mobil yang dipakainya itu Hiendra berusaha mengelabui pengejaran penyidik.

"Karena ini ada upaya memakai itu sengaja dia bersembunyi dengan kode itu kan berarti dia tidak dicurigai mobil itu dipakai oleh orang sipil. Jadi perlu untuk dilacak, karena itu bahwa penggunaan pelat nomor itu digunakan untuk bersembunyi dan mengelabui dari pengejaran," katanya.

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri belum banyak berbicara ketika ditanya soal mobil pelat RFO yang diamankan KPK. Ali menyebut KPK akan mendalami lagi terkait kasus ini.

"Sumber uang dan fasilitas bagian yang akan didalami," singkatnya.

Tonton video 'Banyak Koruptor Ajukan PK, Firli: Bukan Tugas Pokok Kita':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2