Pastikan Tak Ada Trauma, Mahasiswi Digilir Pria di Makassar Direhabilitasi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 17:30 WIB
7 Orang diamankan terkait mahasiswi digilir sejumlah pria di Makassar (Hermawan-detikcom).
Foto: 7 Orang diamankan terkait mahasiswi digilir sejumlah pria di Makassar (Hermawan-detikcom).
Makassar -

LBH Makassar sedang memberikan pendampingan hukum terhadap EA (23), mahasiswi korban pemerkosaan bergilir tiga pria di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain itu, EA juga direhabilitasi untuk memastikan tidak mengalami trauma akibat kekerasan seksual.

"Kalau rehabilitasi sementara dilakukan jadi kita sudah menghubungi lembaga-lembaga terkait yang dibutuhkan korban," kata Ketua Divisi Perempuan Anak dan Disabilitas LBH Makassar, Rezky Pratiwi, kepada detikcom, Jumat (30/10/2020).

Lembaga-lembaga terkait yang dimaksud adalah lembaga penyedia psikolog agar melakukan trauma healing kepada EA. Proses rehabilitasi kepada EA disebut sedang berlangsung.

"Itu masih berlangsung karena rehabilitasi itu tidak sekali jalan, itu harus berlangsung secara berkala," beber Rezky.

EA sendiri sebelumnya dinyatakan tidak menunjukkan gejala trauma pasca-aksi pemerkosaan terjadi pada Minggu (20/9) dini hari. Akan tetapi Rezky menyebut rehabilitasi kepada korban kekerasan seksual harus tetap dilakukan agar bisa memastikan tak ada masalah.

"Jadi kan sebenarnya yang berhak menentukan dia dalam kondisi psikologis yang baik atau tidak itu orang yang punya background ilmunya, bukan polisi atau misalnya bukan tentara," kata Rezky.

Selanjutnya
Halaman
1 2