Cerita Tak Biasa 11 Hari Jenderal Bintang 1 Jabat Kapolrestabes Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 13:46 WIB
Kapolrestabes Makassar, Kombes Yudhiawan Wibisono (M Taufiqurrahman/detikcom)
Brigjen Yudhiawan Wibisono saat menjabat Kapolrestabes Makassar (M Taufiqurrahman/detikcom)
Makassar -

Jabatan Kapolrestabes Makassar belum lama ini sempat dipegang oleh perwira tinggi bintang 1 atau brigadir jenderal (brigjen). Situasi ini tak biasa karena selama ini jabatan Kapolrestabes Makassar diisi oleh perwira menengah berpangkat komisaris besar (kombes).

Dialah Brigjen Yudhiawan Wibisono yang selama 11 hari menjabat Kapolrestabes Makassar. Dia kini diangkat menjadi Koordinator Wilayah (Korwil) KPK. Posisi Kapolrestabes Makassar kembali dijabat perwira menengah, Kombes Witnu Urip Laksana.

"Benar itu, saya kemarin job Kapolrestabes pangkat Brigjen, aneh tapi nyata," kata Brigjen Yudhiawan kepada detikcom pada Jumat (30/10/2020).

Kapolrestabes Makassar dan Kapolda Riau saat merilis kasus demo ricuh di Makassar berujung pembakaran (Hermawan Mappiwali/detikcom)Brigjen Yudhiawan saat masih menjabat Kapolrestabes Makassar (Hermawan Mappiwali/detikcom)

Sebelum naik pangkat menjadi brigjen, Yudhiawan memang sempat menjabat Kapolrestabes Makassar dengan pangkat kombes sejak 11 November 2019. Tapi di akhir jabatannya, dia naik pangkat menjadi brigjen dan memimpin Polrestabes Makassar selama 11 hari dengan pangkatnya yang baru.

Yudhiawan lalu menyerahkan jabatan Kapolrestabes Makassar ke Kombes Urip pada Selasa (27/10) lalu.

"Jadi ada satu minggu lebih saya masih Kapolrestabes tapi pangkat brigjen," tutur Yudhiawan.

Kendati telah jadi Korwil di KPK, Yudhiawan tidak bisa serta-merta meninggalkan jabatan lamanya begitu saja. Dia pun akhirnya merangkap jabatan hingga resmi memiliki pengganti. Dalam perjalanannya menunggu pengganti itulah, yakni pada Jumat (16/10), Yudhiawan resmi naik pangkat dari kombes ke brigjen.

"Aneh tapi nyata memang. Aneh, orang Kapolrestabes kan job-nya kombes pol," kata Yudhiawan.

Simak video 'Kapolri Ungkap Surplus 213 Jenderal Polisi':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2