Libur Cuti Bersama, Penumpang Bus di Terminal Jabodetabek Naik hingga 62%

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 11:43 WIB
Terminal Pulogebang turut ramai oleh warga yang hendak pergi ke luar kota. Meski pandemi, momen libur panjang dimanfaatkan warga untuk mudik maupun berwisata.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mencatat kenaikan penumpang di sejumlah terminal Jabodetabek pada libur panjang cuti bersama. Kenaikan penumpang tercatat hingga 62 persen.

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti saat kunjungan lapangan pada Kamis (29/10) kemarin menjelaskan rata-rata kenaikan penumpang tercatat antara 23%-62%. Data terhimpun dari 22 hingga 28 Oktober.

"Terminal Pondok Cabe misalnya tercatat kenaikan sebesar 23%, Terminal Jatijajar sebesar 38% dan Terminal Poris Plawad sebesar 62%," jelas Polana dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (29/10/2020).

Sementara itu, di Terminal Baranangsiang Bogor tidak terjadi kenaikan jumlah penumpang. Polana mengatakan jumlah penumpang di terminal ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, di mana Terminal Baranangsiang Bogor setiap hari melayani penumpang rata-rata sebesar 182 orang.

"Data yang diperoleh dari tanggal 22 hingga 28 Oktober 2020 menyebutkan bahwa rata-rata setiap hari Terminal Baranangsiang Bogor tercatat melayani keberangkatan penumpang AKAP sebesar 134 orang," kata Polana.

Polana mengimbau agar penumpang dan pengelola transportasi untuk konsisten melaksanakan protokol kesehatan selama perjalanan. Dia mengatakan disiplin protokol kesehatan harus ditaati.

"Yang menjadi perhatian kita bersama justru bagaimana agar protokol kesehatan secara konsisten terus dilakukan dalam situasi apapun pada masa pandemi Covid-19," ujar Polana.

"Pengguna transportasi publik harus benar-benar sehat dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, memenuhi ketentuan jaga jarak dengan tidak bergerombol atau berkerumun selama dalam perjalanan," sambungnya.

Kemenhub juga memberikan imbauan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2