Pemda Diminta Tingkatkan Testing COVID-19 di Libur Panjang Cuti Bersama

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 17:11 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Penanganan COVID-19
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta daerah meningkatkan upaya testing. Testing ini dinilai penting untuk mengetahui status kesehatan masyarakat terkait COVID-19.

"Testing ini merupakan upaya untuk memastikan status kesehatan seseorang terkait COVID-19, kami terus meminta kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan upaya testing-nya," ujar Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube BNPB, Kamis (29/10/2020).

Wiku meminta masyarakat ikut aktif menjalani tes bila mengalami gejala COVID-19. Menurut Wiku, kesadaran ini perlu dilakukan sebagai bentuk kerja sama.

"Selain itu, masyarakat juga harus melakukan testing apabila mengalami gejala COVID-19, ini adalah kerja sama yang penting," tuturnya.

Dia menuturkan testing harus dilakukan pada masyarakat yang bepergian saat libur panjang. Testing disebut menjadi salah satu syarat perjalanan, sesuai kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Selain itu, testing juga harus dilakukan bagi mereka yang pada masa libur panjang, melakukan perjalanan itu sebagai langkah screening untuk antisipasif. Memastikan sebelum perjalanannya adalah sehat," kata Wiku.

"Penting untuk diketahui bahwa testing ini juga sebagai syarat, sebelum melakukan perjalanan dengan moda transportasi sesuai dengan kebijakan Kementerian Perhubungan," sambungnya.

(dwia/idh)