Ini Alasan Gadis 15 Tahun di Lombok Dinikahkan dengan ABG 17 Tahun

Faruk - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:20 WIB
Wedding in the mountains Mangup in Crimea
Ilustrasi pernikahan (Thinkstock)
Mataram -

Gadis ABG berinisial EB (15) menikah dengan remaja lelaki berinisial UD (17). Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Pemkab Loteng) menduga pernikahan dini tersebut terjadi karena kurangnya perhatian orang tua.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBDPA3) Loteng juga menduga dua pasangan di bawah umur tersebut nekat menikah dini karena persoalan ekonomi. Diketahui, EB sudah terpisah dari orang tua dan UD sudah lama putus sekolah.

"Saya lihat karena pola asuh, kurangnya perhatian, dan mungkin juga keadaan ekonomi," ungkap Kepala DP2KBDP3A Lombok Tengah, Mulyardi Yunus, saat dihubungi detikcom, Rabu (28/10/2020).

EB dan UD sudah kenal sejak 1 tahun lalu. Keduanya dinikahkan karena gadis ABG tersebut sudah dua hari menginap di rumah kekasihnya.

Mulyardi mengatakan kepala dusun setempat yang menikahkan keduanya pun tak memiliki alasan untuk membatalkan niat sejoli ini. Pemkab Loteng telah menemui pasangan tersebut di kediamannya di Kecamatan Batukelang Utara, Loteng, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Selasa (27/10) kemarin.

"Iya memang simalakama, karena setelah 2 hari di tempat yang laki-laki. Baru dia (kepala dusun) tahu sehingga dinikahkan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2