Lalin di Jalan Gatsu Lancar Jelang Rencana Demo Mahasiswa, Polisi Siaga

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 10:12 WIB
Suasana di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat jelang rencana demo mahasiswa, Rabu (28/10/2020).
Suasana Jalan Gatot Subroto lancar jelang demo, Rabu (28/10) pagi. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar aksi demonstrasi memperingati Sumpah Pemuda hari ini. Pihak kepolisian saat ini sudah bersiaga di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, hingga depan gedung DPR.

Pantauan detikcom, Rabu (28/10/2020), sekitar pukul 09.30 WIB, terlihat belum ada pergerakan massa mahasiswa di Jalan Gatot Subroto, depan gedung DPR, Jakarta Pusat. Lalu lintas yang mengarah ke Slipi juga masih bisa dilewati kendaraan.

Meski demikian, terlihat sejumlah petugas kepolisian dari Satuan Sabhara dan Satuan Brimob juga sudah bersiaga di sepanjang Jalan Gatot Subroto hingga ke depan gedung DPR. Terlihat juga kawat besi disiapkan meski belum dibentangkan.

Suasana di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat jelang rencana demo mahasiswa, Rabu (28/10/2020).Suasana di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, menjelang rencana demo mahasiswa, Rabu (28/10/2020). (Matius Alfons/detikcom)

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut hingga saat ini belum ada pergerakan massa di sekitar gedung DPR. Dia memastikan lalu lintas di lokasi akan ditutup situasional.

"Belum ditutup, situasional aja," kata Sambodo saat dihubungi, hari ini.

Seperti diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan memperingati Sumpah Pemuda dengan aksi demonstrasi. Mereka akan meminta pemerintah mencabut omnibus law UU Cipta Kerja.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia menyatakan akan kembali turun aksi untuk mendesak Presiden RI segera mencabut UU Cipta Kerja. Dalam perjuangan yang akan kita teruskan dengan momentum 28 Oktober, bertepatan dengan Sumpah Pemuda," ucap Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Remy Hastian Putra Muhammad Puhi, dalam keterangannya, Selasa (27/10).

Remy belum menyebut lokasi aksi demonstrasi. Namun, bakal ada sekitar 1.000 orang yang akan melakukan aksi pukul 13.00 WIB.

"Aksi akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Oktober 2020, pada pukul 13.00, dengan estimasi 1.000 massa yang tergabung dengan mahasiswa lainnya di luar Provinsi DKI Jakarta," ucapnya.

(maa/azr)