Round-Up

Libur Panjang di Depan Mata, Ingat Pesan Jokowi Waspada Klaster Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 21:21 WIB
Presiden Jokowi pidato dalam peringatan HUT IDI
Presiden Jokowi / Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Libur panjang di akhir bulan Oktober akhirnya tiba. Warga yang hendak plesiran diimbau selalu mematuhi protokol kesehatan agar tidak melahirkan kasus Corona baru di Tanah Air.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober. Dua tanggal cuti bersama itu mengapit tanggal merah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober. Kebijakan cuti bersama ini ini diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2020.

Ada sejumlah wejangan yang disampaikan menyambut libur panjang ini. Pesan itu salah satunya disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mewanti-wanti jangan sampai libur panjang berdampak pada kenaikan kasus Corona di Indonesia.

"Ratas hari ini kita berbicara antisipasi penyebaran Covid berkaitan dengan libur panjang di akhir Oktober 2020. Mengingat kita punya pengalaman kemarin libur panjang 1,5 bulan yang lalu, setelah itu terjadi kenaikan agak tinggi," kata Jokowi saat memimpin Ratas Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, pada Senin (19/10/2020).

Jokowi mengajak para menterinya menyusun strategi agar peristiwa itu tidak terjadi lagi. Jangan sampai kasus Corona di Indonesia naik akibat libur panjang.

Anies: Warga di Rumah Saja Saat Libur Panjang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga Jakarta untuk berada di rumah saja saat libur panjang nanti.


"Selama libur panjang anjuran kami adalah di rumah saja, kalau pun berpergian disiplin protokol kesehatan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (26/10/2020).

Menurut Anies, hal itu bertujuan mencegah meningkatnya angka positif virus Corona di Jakarta pascalibur panjang tersebut berlangsung. Dia menyebut kerap kali angka penyebaran virus Corona naik usai warga memanfaatkan momen libur panjang.

Anies pun mengimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan di manapun berada.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3