Mulai Besok, Bus-Truk yang Akan Melintasi Puncak Bogor Diimbau Putar Balik

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:54 WIB
Sejumlah kendaraan roda empat melintas keluar tol Jagorawi menuju jalur Puncak dan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). Meskipun penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid 3 untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Bogor masih berlangsung namun kendaraan roda empat yang menuju jalur wisata Puncak masih ramai dan sempat terjadi kepadatan di beberapa titik ruas jalan di jalur tersebut. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Foto: Tol Jagorawi, belok kiri ke arah Puncak (ANTARA FOTO)
Jakarta -

Polisi akan melakukan pengamanan lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, saat libur panjang pada akhir Oktober ini. Bus dan truk yang hendak melintasi kawasan Puncak pada long weekend diimbau untuk memutar balik.

"Kita lakukan run check (pemeriksaan) nanti, besok pagi. Run check (ke kendaraan) sumbu 3, ya," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda, saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

Fitra mengatakan personel akan ditempatkan di sekitar rest area Tol Jagorawi Km 45, atau di dekat exit Tol Ciawi. Polisi, lanjutnya, akan memutarbalikkan truk dan bus yang mengarah ke Puncak di rest area tersebut.

"Iya kita imbau untuk putar balik. Nanti kita run check-nya di rest area, ada timnya sudah," ungkapnya.

Dia menambahkan penyekatan bus dan truk ini dilakukan mulai besok sampai Minggu (1/11) nanti. Fitra menjelaskan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Puncak.

"Ya (penyekatan bus dan truk ini untuk) antisipasi kepadatan, kemudian menghindarkan terjadinya laka (kecelakaan)," ucap dia.

Jelang libur panjang ini, Fitra mengatakan kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak sore ini masih lancar. Dia menerangkan polisi belum memberlakukan sistem satu arah (one way). Saat ini juga, kata Fitra, belum ada peningkatan volume kendaraan di Jalan Raya Puncak.

Dia menambahkan pemberlakuan one way di kawasan Puncak esok hari situasional karena melihat volume kendaraan terlebih dahulu. "Ya situasional, lihat besok," tandas dia.

(zak/zak)