Ridwan Kamil Minta Warga Peringatkan Wisatawan yang Tak Patuh Prokes

Hakim Ghani, Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:40 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Garut -

Libur panjang dimulai Rabu (28/10) besok. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga lokal mengingatkan wisatawan yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat berlibur.

Hal tersebut diungkap pria yang akrab disapa Kang Emil disela-sela kegiatan penyaluran bantuan sosial bagi warga Garut di Kantor PT. Pos Indonesia, Jalan Ahmad Yani, Garut, Selasa (27/10/2020).

"Berhubung mulai libur panjang, saya mau ingatkan. Untuk masyarakat, tolong mun kasumpingan tamu, omat dipapatahan bilih teu nganggo masker (kalau kedatangan wisatawan, dikasih tahu kalau tidak pakai masker," kata Kang Emil.

Emil menjelaskan, warga lokal diminta untuk mengingatkan wisatawan yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan selama berlibur di tengah pandemi virus COVID-19.

"Diingatkan dengan sopan dan santun," katanya.

Kang Emil menambahkan, klaster wisatawan saat ini menjadi perhatian pemerintah. Untuk mengantisipasi, personel TNI dan Polri bersiaga di jalur-jalur padat dan melaksanakan rapid dan swab test acak.

Kang Emil juga meminta pengelola hotel dan wisata untuk menerapkan protokol kesehatan dan tidak melebihi batas kuota wisatawan yang ditentukan.

"Untuk destinasi wisata, hotel saya titip, disiplin. Kalau jatah 50 persen ya jangan melebihi itu," tutup Kang Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2