Round-Up

Libur Panjang di Depan Mata, Ingat Pesan Jokowi Waspada Klaster Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 21:21 WIB
Presiden Jokowi pidato dalam peringatan HUT IDI
Presiden Jokowi / Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden


Pakar: Wisatawan Harus Bertanggung jawab Agar Tidak Terinfeksi Corona

Epidemiolog menyebut dalam berwisata masyarakat perlu bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain agar tidak terinfeksi Corona saat libur panjang akhir Oktober 2020.

"Jadi orang harusnya bertanggung jawab baik itu terhadap dirinya maupun orang lain. Kalau kita berwisata juga begitu, bertanggung jawab secara pribadi," ujar Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Tri Yunis Miko Wahyono saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

"Semua harusnya respect each other gitu, kita harus menghormati orang lain. Jadi jangan sampai menularkan orang lain, jangan sampai tertular orang lain," sambungnya.

Tri mengatakan perlu adanya beberapa hal yang diperhatikan saat memilih tempat liburan. Salah satunya kapasitas pengunjung di lokasi dan ruang terbuka.

"Boleh berlibur tapi jangan berkerumun, upayakan ke tempat wisata yang kuotanya dibatasi 40% kalau bisa, kalau enggak bisa ya 50%. Kalau dia kuotanya lebih dari 50% jangan ke situ. Kemudian tempat wisata kalau bisa yang terbuka, dibanding ruang tertutup," tuturnya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat memperhatikan status zona wilayah yang akan didatangi. Menurutnya, masyarakat yang berada pada zona merah lebih baik tidak mendatangi zona kuning dan sebaliknya.


(aan/yld)