Penjelasan LAPAN Soal Observatorium Rp 340 M di NTT, Terbesar di Asia Tenggara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 18:05 WIB
Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Djamaluddin
Foto: Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin (Screenshoot 20detik)

Diberitakan sebelumnya, LAPAN telah membangun fasilitas Observatorium Nasional di Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan anggaran senilai Rp 340 miliar. Salah satu tujuan fasilitas ini adalah mencari kehidupan di luar bumi.

"Lapan telah membangun fasilitas Observatorium Nasional Timau di NTT, bersama dengan ITB, Undana, dan Pemda setempat. Mulai tahun ini, kami telah mengoperasikan teleskop 50 cm di Kupang, salah satunya untuk pengamatan komet dan asteroid," kata Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto kepada wartawan, Selasa (27/10).

Selain itu, LAPAN merencanakan program pengamatan transient project mulai tahun ini. Arah program ini juga untuk mencari tahu soal teka-teki kehidupan di luar bumi.

"LAPAN akan merencanakan program pengamatan transient objects mulai tahun 2020. Eksoplanet dan supernova adalah contoh objek transien. Dengan kata lain, kami akan mulai mencari dan mempelajari eksoplanet dengan lebih sistematis. Salah satu arahnya memang menjawab apakah ada kehidupan di luar sana," ujarnya.

Halaman

(rdp/tor)