546 Pengendara Ditilang di Hari Pertama Operasi Zebra di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 17:36 WIB
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani
Foto: Kombes Dicky Sondani. (Ibnu/detikcom).
Banda Aceh -

Sebanyak 546 pengendara kendaraan bermotor di Aceh ditilang pada hari pertama Operasi Zebra Seulawah 2020. Pelanggar didominasi pemotor yang tidak mengenakan helm.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani mengatakan, Operasi Zebra Seulawah serentak digelar di seluruh Aceh mulai hari ini dengan menyasar berbagai pelanggar. Pada hari pertama, polisi menilang 257 pemotor yang tidak mengenakan helm, 45 melawan arus, 60 pengendara anak di bawah umur serta 85 pelanggaran lain.

"Untuk pengendara mobil yang ditilang di antaranya 4 orang karena melawan arus, 42 terkait penggunaan safety belt serta 53 pelanggaran lain," kata Dicky kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Dicky menjelaskan, masih banyaknya pengguna motor yang tidak mengenakan helm menjadi bahan evaluasi di hari pertama operasi. Padahal, jelasnya, fungsi helm untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, jangan jadikan beban memakai helm. Jadikan helm sebagai kebutuhan safety riding, sehingga aman naik motor di jalan," tutur Dicky.

Dalam razia tersebut, polisi juga memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memakai helm. Selain itu, Polantas juga memberikan imbauan agar pengguna jalan selalu menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19.

"Selain Razia kendaraan bermotor di jalan, dalam Operasi Zebra Seulawah 2020 juga dibagikan masker kepada masyarakat yang masih belum sadar menggunakan masker dan memasang stiker imbauan untuk memakai Masker di kendaraan bermotor," ujar Dicky.

Tonton video 'Operasi Zebra Dimulai, Ini 5 Pelanggaran Prioritas yang Ditindak':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/elz)