6 Kali Habib Rizieq Dikabarkan Mau Pulang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 13:56 WIB
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab dikabarkan bakal pulang ke Indonesia. Kabar terbaru ini menambah panjang daftar isu rencana kepulangan Imam Besar FPI itu dari Arab Saudi.

Menurut catatan pemberitaan detikcom hingga Senin (26/10/2020), Rizieq sudah enam kali ini dikabarkan hendak pulang ke Tanah Air.

Dia sudah di Arab Saudi sejak April 2017. Sebelumnya, dia belum bisa pulang karena terganjal masalah overstay visa dan isu pencekalan.

Berikut ini kabar-kabar Rizieq yang hendak pulang, dari dulu sampai sekarang:

12 Juni 2017

Habib Rizieq pertama kali dikabarkan akan segera pulang ke Tanah Air pada Juni 2017. Rizieq disebut akan tiba di Indonesia pada 17 Ramadhan atau 12 Juni.

"Ya, mungkin beliau akan pulang tanggal 17 Ramadhan," kata juru bicara DPP FPI Slamet Maarif saat dimintai konfirmasi, 3 Juni 2017.

Slamet mengatakan tidak ada permintaan khusus dari Habib Rizieq kepada pihak kepolisian terkait kepulangan ini. "Nggak ada," ujarnya. Namun Habib Rizieq tak juga kunjung pulang.

17 Agustus 2017

Dua bulan kemudian, Rizieq dikabarkan berencana pulang lagi. Ia disebut ingin menghadiri perayaan hari lahir Front Pembela Islam (FPI) pada 17 Agustus.

"Ada keinginan untuk pulang, kalau bisa sih sebelum tanggal 17 Agustus agar bisa ikut milad FPI yang ke-19," kata kuasa hukum FPI Sugito Atmo Pawiro saat dihubungi detikcom, 24 Juli 2017.

Saat itu, FPI menyatakan akan mencoba berkomunikasi lebih dulu dengan kepolisian agar kasus yang menjeratnya dihentikan. Dia berharap ada solusi terbaik antara pihak Rizieq dan kepolisian sebelum kepulangan tersebut. Singkat cerita, kepulangan Rizieq batal terealisasi.

2 Desember 2017

Rizieq kembali dikabarkan akan pulang dalam reuni aksi pada Sabtu, 2 Desember 2017, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam kegiatan ini, Habib Rizieq Syihab dijadwalkan akan hadir.

"Iya pagi ini saya komunikasi dengan Habib Rizieq dan Habib Rizieq minta saran saya apakah datang atau tidak. Saya bilang harus datang. Datang ke Indonesia, insyaallah," kata Kapitra Ampera, yang saat itu merupakan pengacara Habib Rizieq, 26 November 2017.

Lagi-lagi, kabar kepulangan Rizieq tidak terealisasi untuk ketiga kalinya. Rizieq masih tetap di Saudi.

Selanjutnya
Halaman
1 2