Round Up

Kisah Evakuasi Bayi Pakai Bak Mandi Usai Terkepung Banjir di Bekasi

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 21:00 WIB
Petugas Basarnas mengevakuasi bayi dan orang tuanya saat banjir di kawasan Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat. Berikut foto-fotonya.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sejumlah titik di wilayah kota Bekasi, Jawa Barat terendam banjir sejak minggu dini hari. Sejumlah warga dievakuasi karena tingginya air, salah satunya Ibu Hawa dan bayinya yang tinggal di Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi.

Ketua RW 11 Kelurahan Jatiasih, M. Nugroho, yang terjun membantu proses evakuasi warga Villa Jatirasa menceritakan pengalamannya mengevakuasi Ibu Hawa dan bayinya. Ia mengatakan, Ibu Hawa terjebak di lantai 2 rumahnya sejak semalam sehingga minta dievakuasi.

"Semalam itu kita tidak prediksi tidak secepat itu air datang, kita cepat mengevakuasi. Hanya beberapa warga yang sudah terevakuasi. Kita nggak tahu warga yang sakit, lumpuh, jadi itu yang kita prioritas, dan ada anak bayi. Jadi karena waktu yang terbatas jadi baru pagi itu kita baru dapat evakuasi Ibu Hawa. Kita keliling pakai perahu karet Basarnas, dan dia ada di lantai 2 dan meminta tolong untuk dievakuasi," kata Nugroho ketika ditemui di Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (25/10/2020).

Proses evakuasi bayi, kata Nugroho, berjalan dengan hati-hati. Dia menyebut bayi dievakuasi dari balkon lantai 2 pada sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kita merapat, perahu karetnya merapat ke yang dekat untuk evakuasi. Langsung ke balkon atas," ujar Nugroho.

Nugroho juga menggunakan bak mandi bayi agar proses evakuasi anak Ibu Hawa berjalan aman. Dia sempat menceritakan kekhawatiran sang ibu saat proses evakuasi dari lantai 2.

"Dari Ibu Hawa tadi yang merasa takut jatuh dari ketinggian atau bagaimana. Makanya kita evakuasi hati-hati, baik dari sang bayi maupun ibunya sendiri," jelas Nugroho.

Bayi yang dievakuasi itu dalam kondisi sehat. Nugroho membawa bayi tersebut ke tempat yang lebih aman dan kini sang bayi beserta ibunya mengungsi ke tempat orang tuanya.

Petugas Basarnas mengevakuasi bayi dan orang tuanya saat banjir di kawasan Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat. Berikut foto-fotonya.Petugas Basarnas mengevakuasi bayi dan orang tuanya saat banjir di kawasan Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat. Berikut foto-fotonya. Foto: Agung Pambudhy

Warga Mengungsi ke Kampung Lain

Sementara itu, seorang warga lainnya, Ibu Roni (43), menceritakan banjir terjadi tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB dan berlangsung cepat. Dalam kondisi mati listrik, Roni bersama suami dan cucunya langsung mengungsi.

"Ke atas, ke kampung lain, ke masjid situ Baitul Mukmin. Jam 00.30 WIB-lah rapi-rapiin baju diangkutin pakai motor. Kulkas, TV, segala macam udah lah biasa kena lagi yang penting orangnya selamat lah," kata Roni ketika ditemui, Minggu (25/10).

Selanjutnya
Halaman
1 2