Cerita Warga Villa Jatirasa Bekasi Evakuasi Bayi dari Banjir

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 13:00 WIB
Cerita Warga Villa Jatirasa Bekasi Evakuasi Bayi dari Banjir
Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom
Jakarta -

Menjelang siang hari, banjir masih menggenangi Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Proses evakuasi warga yang terdampak masih dilakukan.

Ketua RW 11 Kelurahan Jatiasih, M. Nugroho, ikut mengevakuasi bayi yang terjebak di lantai 2 rumah Ibu Hawa. Dia mengatakan Ibu Hawa dan bayinya minta dievakuasi setelah sejak semalam terjebak di lantai 2.

"Semalam itu kita tidak prediksi tidak secepat itu air datang, kita cepat mengevakuasi. Hanya beberapa warga yang sudah terevakuasi. Kita nggak tahu warga yang sakit, lumpuh, jadi itu yang kita prioritas, dan ada anak bayi. Jadi karena waktu yang terbatas jadi baru pagi itu kita baru dapat evakuasi Ibu Hawa. Kita keliling pakai perahu karet Basarnas, dan dia ada di lantai 2 dan meminta tolong untuk dievakuasi," kata Nugroho ketika ditemui di Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (25/10/2020).

Proses evakuasi bayi, kata Nugroho, berjalan dengan hati-hati. Dia menyebut bayi dievakuasi dari balkon lantai 2.

"Kita merapat, perahu karetnya merapat ke yang dekat untuk evakuasi. Langsung ke balkon atas," ujar Nugroho.

Nugroho juga menggunakan bak mandi bayi agar proses evakuasi anak Ibu Hawa berjalan aman. Dia sempat menceritakan kekhawatiran sang ibu saat proses evakuasi dari lantai 2.

"Dari Ibu Hawa tadi yang merasa takut jatuh dari ketinggian atau bagaimana. Makanya kita evakuasi hati-hati, baik dari sang bayi maupun ibunya sendiri," jelas Nugroho.

Bayi yang dievakuasi itu dalam kondisi sehat. Nugroho membawa bayi tersebut ke tempat yang lebih aman dan kini sang bayi beserta ibunya mengungsi ke tempat orang tuanya.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah di Kota Bekasi terendam banjir pada Sabtu (24/10) malam. Banjir terjadi akibat luapan kali Bekasi.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Hendra mengatakan, ada tujuh wilayah di Bekasi yang terendam banjir. Ketujuh wilayah itu adalah Villa Jati Rasa, Nusa Indah, Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Kartini, Teluk Pucung, dan Kemang Ifi.

"(Villa Jati Rasa) tinggi (banjir) sekitar 190-anlah. (Villa Nusa Indah) tadi 150," kata Hendra.

Tonton juga '9 Jam Terjebak Banjir, Bayi Dievakuasi dari Villa Jatirasa':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/yld)