Detik-detik Banjir Kiriman Genangi Villa Jatirasa Bekasi Saat Tengah Malam

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 10:34 WIB
Foto udara banjir yang merendam perumahan Villa Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020). Banjir akibat luapan kali Cikeas dengan ketinggian 60 cm - 2 meter memasuki pemukiman warga pada (24/10) pukul 23.00 WIB. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Banjir di Jatirasa Bekasi (Fakhri Hermansyah/Antara Foto)
Bekasi -

Banjir masih menggenangi Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Banjir Bekasi tersebut merupakan banjir kiriman yang menggenangi perumahan saat tengah malam.

Salah seorang warga, Ibu Roni (43), menceritakan banjir terjadi tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB dan berlangsung cepat. Dalam kondisi mati listrik, Roni bersama suami dan cucunya langsung mengungsi.

"Ke atas, ke kampung lain, ke masjid situ Baitul Mukmin. Jam 00.30 WIB-lah rapi-rapiin baju diangkutin pakai motor. Kulkas, TV, segala macam udah lah biasa kena lagi yang penting orangnya selamat lah," kata Roni ketika ditemui, Minggu (25/10/2020).

Roni mengatakan banjir meluap hingga setinggi 110 cm. Dia mengaku belum bisa mengecek barang-barang yang terkena banjir karena pintu rumahnya terkunci akibat genangan air.

"Pintu nggak bisa dibuka ini pintunya, masih ada airnya masuk," ujar Roni.

Banjir di Villa Jatirasa Bekasi (Arun/detikcom)Warga Villa Jatirasa Bekasi (Arun/detikcom)

Roni menyebut banjir terjadi akibat kiriman dari Kali Cileungsi. Dia mengatakan tidak terjadi hujan sama sekali saat kejadian.

"Banjir kiriman ya, dari Bogor atau Cileungsi, dari sono ke sini. Jadi nggak hujan cuma mendung-mendung sampai sekarang nggak hujan," jelasnya.

Sampai saat ini Roni masih menunggu banjir surut. Pantauan terkini, banjir masih menggenangi Villa Jatirasa, Bekasi.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Kota Bekasi terendam banjir pada Sabtu (24/10) malam. Banjir terjadi akibat luapan Kali Bekasi.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi Hendra mengatakan ada tujuh wilayah di Bekasi yang terendam banjir. Ketujuh wilayah itu adalah Villa Jati Rasa, Nusa Indah, Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Kartini, Teluk Pucung, dan Kemang Ifi.

"(Villa Jati Rasa) tinggi (banjir) sekitar 190-anlah. (Villa Nusa Indah) tadi 150," kata Hendra.

Tonton juga 'Villa Jatirasa Bekasi Masih Tergenang':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)