Ular di Budaya Jawa

Tentang Nagini, Ular di Harry Potter yang Mitosnya dari Jawa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 11:45 WIB
Nagini di film Harry Potter.
Nagini dalam serial 'Harry Potter'. (Dok. Warner Bros)
Jakarta -

Penampakan ular yang melingkar di pilar Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta, memicu kehebohan. Ular sendiri memang memiliki tempat dalam khazanah kebudayaan Jawa. Masyarakat Jawa bahkan mengenal mitos Dewi Nagini yang kerap muncul dalam cerita ketoprak.

Mitos sosok dewi Nagini ini bahkan sempat viral usai penulis terkenal serial 'Harry Potter', JK Rowling, menulis soal Nagini di Twitter. Rowling menjelaskan bahwa Nagini adalah mitos ular naga yang berasal dari Indonesia.

"Naga adalah makhluk dongeng mirip ular dalam mitologi Indonesia, dinamakan 'Nagini'. Mereka digambarkan sebagai makhluk bersayap setengah manusia, setengah ular. Indonesia terdiri dari ratusan kelompok etnis, termasuk Jawa, China, dan Betawi," tulis Rowling di akun Twitter-nya pada Rabu (26/9/2018).




Nagini sendiri beberapa muncul dalam film 'Harry Potter' sebagai pendamping setia Lord Voldemort. Selain itu, sosok Nagini muncul dalam film 'Fantastic Beasts' yang diisi oleh makhluk-makhluk mitologis.

Nagini sendiri memang hidup dalam budaya masyarakat Jawa. Sosoknya ada dalam sastra Jawa kuno.

Dikutip dari tulisan berjudul 'Inovasi Cerita dalam Ketoprak Anglingdarma' yang ditulis Akhmad Nugroho, sosok Dewi Nagini muncul dalam Tantri Kamandaka. Naskah lontar berbahasa Jawa Kuno ini menceritakan bahwa Dewi Nagini ialah putri dari seorang raja ular.

Nugroho dalam tulisan yang terbit dalam jurnal Humaniora UGM vol 3 Tahun 2003 itu juga bercerita bahwa Dewi Nagini pernah ketahuan sedang berzina dengan ular sembarang. Orang yang memergokinya ialah Prabu Aridarma. Berzina dengan ular sembarangan dianggap melanggar tatanan karena bisa merusak keturunan.

Prabu Aridarma lantas memukul ekor Nagini. Nagini pun sakit hati dan akhirnya mengadu kepada ayahnya, raja ular itu. Sang raja marah mendengar pengaduan putrinya. Dia pun menuntut balas dengan mengubah dirinya menjadi ular kecil, agar bisa menyelinap di pembaringan Prabu Aridarma.

Namun, alih-alih menuntut balas, sang raja justru sadar bahwa Naginilah yang bersalah. Sang raja mendengar cerita Prabu Aridarma kepada istrinya soal kesalahan putrinya itu. Raja ular pun mengubah bentuknya menjadi seorang brahmana. Dia kemudian memberikan tawaran kemampuan berbicara dengan hewan kepada Aridarma.

Tonton juga 'Karakter Nagini Terinspirasi dari Mitos Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2