Stadion Papua Bangkit Resmi Ganti Nama Jadi Stadion Lukas Enembe

Antara News - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 11:47 WIB
Peresmian Stadion Lukas Enembe, sebelumnya bernama Stadion Papua Bangkit.
Peresmian Stadion Lukas Enembe, sebelumnya bernama Stadion Papua Bangkit. (Foto: dok. Antara)
Jayapura -

Stadion Papua Bangkit berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe. Keberadaan Stadion Lukas Enembe disebut menjadi ikon baru sarana olahraga bagi masyarakat setelah Gubernur Papua Lukas Enembe pada Jumat (23/10) malam menandai peresmian sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XX Papua tahun 2021.

Dilansir Antara, Sabtu (24/10/2020), perjalanan panjang peresmian Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, menimbulkan pro dan kontra. Soalnya, sebelum diresmikan Gubernur Papua Lukas Enembe, stadion itu bernama Stadion Papua Bangkit.

Stadion tersebut memiliki tempat duduk untuk 42 ribu penonton dan dibangun sesuai dengan standar internasional memenuhi peraturan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) dengan luas stadion 71.697 meter persegi di atas lahan 13 hektare.

Stadion Lukas Enembe dibangun sejak 2016 hingga tahun anggaran 2020 dengan dukungan dana otonomi khusus dan APBN hingga APBD Provinsi Papua. Stadion ini telah menghabiskan anggaran Rp 1,3 triliun.

Dana pembangunan stadion tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua Rp 1,3 triliun. Bangunan fisik stadion itu dibangun dengan empat periode tahun anggaran dimulai sejak 2016 hingga 2019.

Sementara itu, pada APBD 2020, anggaran untuk penyelenggaraan PON 2021 disiapkan Rp 2 triliun. Sedikitnya ada empat arena olahraga yang dibangun, yakni Istora Papua Bangkit, arena atletik, arena kriket, dan lapangan hoki, baik di dalam maupun di luar stadion.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui keberadaan bangunan Stadion Lukas Enembe telah menjadi kebanggaan khusus bagi masyarakat di tanah Papua.

Selanjutnya
Halaman
1 2