Kasus Gus Nur Diduga Hina NU Diproses, Polri: Ditangani Direktorat Siber

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 17:55 WIB
Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono
Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Suri Nur Rahardja Alias Gus Nur dilaporkan oleh Ketua Pengurus Nahdatul Ulama (NU) cabang Cirebon Azis Hakim ke Bareskrim Polri kemarin. Polri mengatakan laporan tersebut kini sedang diproses.

"Pada intinya itu masih proses," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (22/10/2020).

Awi menyampaikan, laporan tersebut diterima kemarin. Saat ini laporan masih dalam proses administrasi.

"Kemarin laporan, sekarang hari ini masih di Kabinops Bareskrim Polri," ujarnya.

Awi menuturkan, laporan tersebut nantinya akan dilimpahkan ke Direktorat Tindak Pidana Siber (Dirttipidsiber) Bareskrim Polri. Kemungkinan akan selesai diproses pada hari ini dan langsung diserahkan ke Dirttipidsiber.

"Tentunya nanti akan disalurkan ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim. Siber juga sudah menungggu, apapun nanti tentu akan diproses penyidikannya. Laporan terkait penghinaan ujaran kebencian terhadap pengurus NU itu. Insyaallah hari ini tuntas bisa langsung ke Siber," imbuhnya.

Untuk diketahui, Laporan itu bernomor LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020. Azis selaku pelapor mengatakan pihaknya melaporkan dengan dugaan tindak pidana penghinaan dan ujaran kebencian melalui media elektronik.

Azis menyebut Gus Nur bukan kali ini saja melontarkan ujaran kebencian terhadap NU.

"Bahwa Gus Nur ini sudah berkali-kali melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama. Tidak hanya sekarang ini, tapi sebelum-sebelumnya juga Gus Nur sudah melakukan dan sering melakukan ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama," tuturnya.

Detik-detik Gus Nur Dijemput Polisi:

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)