Pemerintah Belum Umumkan Daerah Prioritas Vaksin, Pemda Jangan Umumkan Sepihak

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 17:37 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Penanganan COVID-19)
Jakarta -

Pemerintah menegaskan daerah prioritas penerima vaksin virus Corona (COVID-19) belum diumumkan secara resmi. Pemerintah daerah pun diminta tidak membuat pengumuman terkait vaksin berdasarkan asumsi sepihak.

"Sampai saat ini pemerintah pusat belum mengumumkan daftar resmi daerah yang akan menjadi prioritas vaksin. Selagi dalam masa tunggu, kami harapkan pemerintah daerah tidak mengeluarkan pengumuman berdasarkan asumsi sepihak," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Kamis (22/10/2020).

Menurut Wiku, keputusan daerah prioritas penerima vaksin saat ini masih dalam tahap finalisasi. Ada sejumlah pertimbangan yang mendasari suatu daerah menjadi prioritas penerima vaksin Corona.

"Keputusan terkait daerah yang akan mendapatkan prioritas vaksin saat ini sudah masuk tahapan finalisasi. Pengambilan keputusan mempertimbangkan aspek urgensi kebutuhan daerah tersebut akan vaksin, dinilai dari berbagai variabel, seperti jumlah penduduk, tingkat kasus aktif, penularan, dan sebagainya," jelas Wiku.

Pemerintah saat ini tengah menyiapkan peta jalan atau road map terkait vaksinasi Corona. Wiku menyatakan informasi terkait vaksinasi akan disampaikan pemerintah secara transparan.

"Nantinya hal ini akan tertuang dalam road map vaksinasi, dan informasinya akan disampaikan kepada publik secara terbuka dan transparan," tegasnya.

Tonton video '5 Pesan IDI untuk Terawan Terkait Vaksinasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(azr/imk)